Berita Manggarai Timur

Pemkab Matim Bersama BPJS Ketenagakerjaan Sosialisasi Perlindungan Jaminan Sosial

program jaminan sosial Ketenagakerjaan yang diberikan kepada masyarakat sangatlah penting. Karena dapat meningkatkan kualitas hidup

Penulis: Robert Ropo | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/HO- PROKOPIM MANGGARAI TIMUR
SOSIALISASI- Kegiatan Sosialisasi yang dilaksanakan oleh BPJS Ketenagakerjaan, Kamis 15 September 2022. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM, BORONG - Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur (Pemkab Matim), melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) bersama Kantor BPJS Ketenagakerjaan Labuan Bajo mengadakan sosialisasi perlindungan jaminan sosial Ketenagakerjaan bagi kepala desa, aparat desa dan pekerja rentan di Kabupaten Manggarai Timur

Sosialisasi tersebut, berlangsung di Aula Setda Kantor Bupati Matim di Lehong, Kamis 15 September 2022.

Kegiatan ini dibuka oleh Asisten Administrasi Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat, Thadeus Enggur mewakili Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas, SH., M.Hum.

Baca juga: Pasca Kenaikan Harga BBM, SPBU di Manggarai Timur Dijaga Polisi

Hadir dalam kegiatan itu, Kepala Dinas Nakertrans, Aufridus Jahang, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Gaspar Nanggar, para Camat dan Lurah, serta Kepala Kantor BPJS ketenagakerjaan Manggarai Raya, Ardi Nugraha Harahap.

Bupati Matim, Agas Andreas dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Matim, Thadeus Enggur mengatakan, program jaminan sosial Ketenagakerjaan yang diberikan kepada masyarakat sangatlah penting. Karena dapat meningkatkan kualitas hidup warga negaranya. 

"Jaminan sosial merupakan hak warga negara yang dilindungi oleh konstitusi. Setiap orang berhak atas jaminan sosial yang memungkinkan pengembangan dirinya secara utuh sebagai manusia yang bermartabat,"jelasnya.

Dikatakan Bupati Agas, tujuan dari jaminan sosial ini agar dapat mendorong para pekerja dalam meningkatkan produktifitas kerja serta memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pekerja. Baik terhadap segala resiko yang kemungkinan terjadi ketika melakukan pekerjaannya. 

"Dalam program jaminan sosial terdapat 5 jaminan dasar yang harus dipenuhi antara lain jaminan kesehatan, kecelakaan kerja, kematian, pensiun dan jaminan hari tua," terangnya. 

Baca juga: Polisi Tangkap IRT Pelaku Bandar Kupon Putih di Lembur Manggarai Timur

Bupati Agas menerangkan, dalam melaksanakan program jaminan sosial tersebut pemerintah telah membentuk  Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yakni BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan

"BPJS Kesehatan hanya menyelenggarakan program jaminan kesehatan. Sedangkan BPJS Ketenagakerjaan menyelenggarakan program jaminan kecelakaan kerja, Jaminan kematian, jaminan hari tua, dan jaminan pensiun," Terangnya. 

Bupati Agas juga berharap, agar bantuan tersebut akan menjadi motivasi bagi peserta lain melalui jalur mandiri. BPJS Ketenagakerjaan juga sudah hadir untuk melayani melayani masyarakat untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan

Kepala Kantor BPJS ketenagakerjaan Manggarai Raya, Ardi Nugraha Harahap, menerangkan, sosialisasi ini dilakukan untuk memberikan pemahaman terkait perlindungan jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan bagi kepala desa, perangkat desa dan pekerja rentan. 

Ardi juga mengatakan, pihaknya berharap agar seluruh kepala desa beserta perangkat desa di Kabupaten Manggarai dapat menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Demikian juga kepada pekerja informal yaitu petani, nelayan, tukang dan masyarakat pekerja rentan lainya. 

Baca juga: Dalam Sehari, Polisi Berhasil Bekuk Bandar, Pengepul dan Pembeli Judi Kupon Putih di Manggarai Timur

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved