Hari Pancasila

Pengurus GPP Harus  Pengaruhi Orang Lain Agar Bisa Terapkan Nilai Pancasila

Herman Man mengatakan, pengurus harus bisa mempengaruhi orang lain agar dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila

Penulis: Oby Lewanmeru | Editor: Edi Hayong
POS-KUPANG.COM/OBY LEWANMERU
PELANTIKAN - Pelantikan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerakan Pembumian Pancasila Kota Kupang oleh Ketua DPD GPP Provinsi NTT, Drs. Blasius Radja, Minggu 29 Mei 2022 di Hotel Neo by Aston. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM, KUPANG -- Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerakan Pembumian Pancasila (GPP) Kota Kupang  maupun Dewan Pimpinan Daerah (DPD) GPP Provinsi NTT diharapkan bisa mempengaruhi orang lain atau masyarakat agar dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: 4 Poin Pernyataan Sikap Gerakan Pembumian Pancasila NTT Terkait Aksi Teror Gereja Makassar

Hal ini disampaikan Wakil Wali Kota Kupang, dr. Hermanus Man saat acara pengukuhan DPD GPP Provinsi NTT dan Pelantikan DPC GPP Kota Kupang di Hotel Neo by Aston, Minggu 29 Mei 2022 malam.

Herman Man mengatakan, pengurus harus bisa mempengaruhi orang lain agar dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila.

"Karena ini organisasi, jadi pengurus juga harus bisa mengelola program,  substansi, menanamkan nilai-nilai Pancasila. Jadi sehebat- hebat kita semua, maka harus butuh leadership.," kata Hermanus.

Dijelaskan mantan Kadis Kesehatan Kota Kupang ini, di dalam kepemimpinan ada tata krama dan etika tentu ada AD/ART, kemudian terakhir, sebagai organisasi,kita merupakan kumpulan orang hidup, sedangkan organisasi itu adalah benda mati, sedang yang mengurusnya adalah manusia.

Baca juga: DPC Gerakan Pembumian Pancasila Kota Kupang Ingin Jadikan Kota Kupang Istana Kasih

"Kita bicara Pancasila tentang nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam Pancasila. Hasil konsep Pancasila itu pasti mengandung tiga unsur, pertama penting,  kedua harus benar dan ketiga adalah benar," katanya.

Dikatakan Herman, Kota Kupang baru pertama kali pembentukan GPP,  maka perlu dilakukan pembumian.

Ketua DPC GPP Kota Kupang,   Siprianus Selamu mengatakan,  DPC GPP Kota Kupang akan terus bisa mengikuti AD dan ART serta  sekaligus program kerja dari DPP dan DPD GPP Provinsi NTT.

"Sebagai DPC tentunya kami akan berusaha agar bagaimana nilai-nilai Pancasila ini bisa dibumikan di Kota Kupang antara lain melalui bidang pendidikan dan juga kerjasama dengan para pemimpin agama yang ada," kata Siprianus.

Menurut Siprianus, semua elemen masyarakat harus menyadari bahwa yang namanya nilai-nilai Pancasila maka sebagai orang beriman perlu menyadari bahwa seluruh nilai-nilai budaya yang ada di mana saja siapapun saja itu adalah sebagai manifestasi dari kehendak Tuhan yang tidak kelihatan.

Baca juga: NTT Harus Menjadi Dasar Yang Kuat Gaungkan Pancasila

"Artinya apa bahwa sebagaimana Pancasila itu dilihat sebagai kristalisasi dari nilai-nilai luhur budaya bangsa Indonesia, maka dalam nilai-nilai itu nyatalah kehendak dari dia yang tidak kita kelihatan baik Tuhan sendiri," katanya

Karena itu, lanjutnya  sebagai pimpinan cabang dan seluruh pengurus melihat bahwa Pancasila sebenarnya sebagai perwujudan kehendak Allah yang paling nyata untuk Kota Kupang bisa dijalankan dalam kehidupan setiap hari.

"Karena itu kalau misalnya ada yang melanggar Pancasila, maka sama halnya dengan melanggar kehendak dari Tuhan," ujarnya.

Untuk diketahui pengukuhan DPD Gerakan Pembumian Pancasila Provinsi NTT oleh Ketua Umum DPP GPP, Dr. Antonius D R Manurung, M.Si , sedangkan pelantikan DPC GPP Kota Kupang oleh Ketua DPD GPP Provinsi NTT, Drs. Blasius Radja, M.Psi.(*) 

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved