Breaking News:

KKB Papua

Kondisi Terkini Distrik Kiwirok dan Para Nakes Korban Kekerasan KKB Papua

Kasus kekerasan Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB Papua terhadap para tenaga kesehatan (nakes) di Distrik Kiwirok sudah lebih dari sebulan berlalu

Editor: Agustinus Sape
Tribunnews.com
Tenaga kesehatan korban insiden Kiwirok dievakuasi dengan helikopter ke Jayapura. Evakuasi para tenaga kesehatan itu dilakukan pada Jumat 17 September 2021. 

Kondisi Terkini Distrik Kiwirok dan Para Nakes Korban Kekerasan KKB Papua

POS-KUPANG.COM - Kasus kekerasan Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB Papua terhadap para tenaga kesehatan (nakes) di Distrik Kiwirok sudah lebih dari sebulan berlalu.

Namun, demikian kerasnya tindakan mereka telah menimbulkan trauma yang mendalam bagi para nakes yang mengalaminya.

Nah sebulan kejadian tersebut, bagaimanakah kondisi para nakes tersebut sekarang?

Untuk diketahui, menanggapi kasus kekerasan KKB Papua di Distrik Kiwirok tersebut, Komnas HAM pun turun tangan untuk memberikan trauma healing.

Komnas HAM Perwakilan Papua menggandeng lembaga psikologi Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura melakukan pemulihan psikis dan percakapan dengan para tenaga kesehatan korban kekerasan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Kiwirok Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Jumat.

Kepala Komnas HAM Perwakilan Papua Frits G. Ramandey mengatakan bahwa trauma healing kepada nakes korban kekerasan KKB Papua di Kiwirok bisa pulih secara bertahap dan memberikan keterangan di Polda Papua.

"Komnas HAM Perwakilan Papua sangat bersyukur karena program pendampingan nakes korban bisa berjalan sesuai dengan rencana kegiatan," kata Frits di Jayapura, melansir dari ANTARA.

Dari sejumlah nakes korban kekerasan KKB Papua, menurut Frits, hingga saat ini kondisi kejiwaannya telah berangsur pulih.

Baca juga: Situasi Terkini Kiwirok Usai Serangan Brutal KKB Papua, Pelaksanaan Kegiatan Ini Terkendala

Dari hasil pendampingan nakes korban kekerasan KKB Papua di Kiwirok, mereka sudah mau bicara.

Halaman
1234
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved