Breaking News:

PON XX Papua

Noken, Tas Asli Papua Jadi Souvenir PON XX, Diakui UNESCO sebagai Warisan Budaya

Tas tradisional asli Papua, yakni Noken, dipilih menjadi souvenir Pekan Olahraga Nasional ke-20 (PON XX) tengah berlangsung di Papua. Diketahui, PON

Editor: Ferry Ndoen
Tribun-Papua
PON XX PAPUA - Mama Maria Ukago (53) saat memegang dua Tas Noken hasil rajutannya, di Jalan Raya Abepura Sentani Kota Jayapura Papua, Rabu 6 Oktober 2021 

POS KUPANG.COM - Tas tradisional asli Papua, yakni Noken, dipilih menjadi souvenir Pekan Olahraga Nasional ke-20 (PON XX) tengah berlangsung di Papua.

Diketahui, PON XX Papua akan digelar pada 2-15 Oktober 2021.

Di ajang olahraga empat tahunan ini, ribuan atlet dari seluruh provinsi di Indonesia tengah berjuang merebut medali emas, perak, dan perunggu.

Adapun pihak penyelenggara menetapkan empat wilayah sebagai tuan rumah PON XX, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Merauke, dan Kabupaten Mimika.

Baca juga: Dewan Minta Atlet NTT Jangan Dikorbankan 

Upacara pembukaan PON XX sendiri digelar dengan meriah. Hal ini terlihat dari ragam suguhan atraksi kesenian serta penampilan musisi dan artis, baik lokal maupun nasional. Selain itu, ada pula pesta kembang api dan gemerlap cahaya warna-warni dari kaldron Stadion Lukas Enembe yang menjadi lokasi pembukaan PON XX.

Di balik ingar bingar pesta olahraga tersebut, ada satu hal yang mencuri perhatian, yaitu noken yang menjadi tanda mata resmi untuk diberikan kepada atlet beserta ofisial tim.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, noken merupakan ikon kearifan lokal Papua.

Kerajinan tas tradisional ini juga telah ditetapkan oleh The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) sebagai warisan budaya nonbenda pada 4 Desember 2012.

Baca juga: Maaf Warga So E - TTS, Dampak DPRD dan Bupati TTS Belum Tepati Janji, Air Bonleu Mau Ditutup Lagi

“Merchandise tersebut pun menjadi perwujudan dari kolaborasi penyelenggara PON dengan mama-mama Papua. Mereka diberikan tempat untuk menjual noken Papua,” ujarnya dalam pemberitaan Kompas.com, Senin (30/8/2021).

Menyimpan Nilai-nilai Luhur

Halaman
1234
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved