Breaking News:

Berita Belu

Program TMMD Bantu Percepatan Pembangunan Daerah

Pemerintah Kabupaten Belu menyampaikan terima kasih kepada TNI yang telah melaksanakan program TMMD

Penulis: Teni Jenahas | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/TENI JENAHAS
Pj Sekda Belu dan Dandim 1605 Belu menunjukkan berita acara pelaksanaan kegiatan saat acara pembukaan TMMD ke-112, di Gedung Betelalenok Atambua, Rabu 15 September 2021. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM,  Teni Jenahas

POS-KUPANG.COM, ATAMBUA - Pemerintah Kabupaten Belu menyampaikan terima kasih kepada TNI yang telah melaksanakan program TMMD ke-112 di wilayah Kabupaten Belu. Program TMMD sungguh membantu pemerintah daerah dalam upaya percepatan pembangunan fisik di Kabupaten Belu, daerah perbatasan RI-RDTL. 

"Atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Kabupaten Belu, saya mengucapkan terima kasih kepada TNI melalui Pak Dandim. Kegiatan TMMD ini yang kesekian kalinya dilakukan di Kabupaten Belu dan hari ini adalah TMMD yang ke-112 tahun 2021,” ungkap Pj. Sekda Belu saat membuka kegiatan TMMD, bertempat di Gedung Betelalenok, Atambua, Rabu 15 September 2021.

Menurut Pj. Sekda, program TMMD merupakan wujud sumbangsih nyata dari TNI kepada masyarakat di Kabupaten Belu. Lewat program ini, TNI membangun jalan, jaringan air bersih dan kegiatan fisik lainnya. 

Pj. Sekda meminta masyarakat di lokasi TMMD agar mendukung program tersebut agar dapat berjalan sesuai rencana.

Baca juga: Program TMMD Kodim 1601 Sumba Timur Resmi  Dimulai 

Dalam mendukung program TMMD ini, Pemkab Belu telah menyiapkan anggaran dalam APBD Perubahan yang akan diberikan kepada TNI. Walaupun nilainya kecil tapi sumbangan itu berarti bagi masyarakat. Selain anggaran, Pemkab Belu juga menyiapkan sumber daya manusia untuk bersinergi dalam program TMMD. 

Pj. Sekda juga menyampaikan terima kasih kepada Dandim 1605/Belu yang telah mendukung pemerintah untuk pencegahan covid-19, khususnya strategi edukasi pasien covid-19 menjalani isolasi terpusat. Strategi ini dinilai efektif yang dibuktikan dengan  penurunan kasus terkonfirmasi positif per hari. 

Dandim 1605/Belu selaku Dansatgas TMMD Ke-112, Letkol (Inf) Wiji Untoro dalam laporan menyampaikan, kegiatan TMMD ke-112 dilaksanakan selama 30 hari, dimulai 15 September sampai dengan 14 Oktober 2021.

Kegiatan ini melibatkan 250 orang yang terdiri dari gabungan unsur TNI/Polri dan komponen lain. Rincian Komando Satgas 5 orang, Staf Satgas 10 Orang, SSK TNI Gabungan (AD, AL dan AU) 110 orang, Tim Asistensi/Penyuluh 25 orang dan masyarakat setempat berjumlah 100 orang.

Baca juga: Brigjen Francis Wewengkang Kunjungi Lokasi TMMD di Nekamese Kabupaten Kupang

Sasaran kegiatan fisik meliputi pembukaan jalan baru sepanjang empat kilo meter menghubungkan Desa Leosama dan Kabuna serta pembangunan jaringan air bersih. Kegiatan non fisik yakni penyuluhan hukum dan kamtibmas, penyuluhan posyandu, pertanian, rekrutmen prajurit TNI, penyuluhan bela hegara, penyuluhan lingkungan hidup, narkoba, peternakan, pencegahan, penanganan penanggulangan radikalisasi dan terorisme, penyuluhan KB, Stunting dan penyuluhan Posbindu. 

Dalam acara pembukaan dilakukan penandatanganan dan penyerahan berita acara pelaksanaan kegiatan dari Pemkab Belu yang diwakili oleh Pj. Sekda Belu kepada Dandim 1605/Belu. Dilanjutkan dengan penyerahan sembako kepada lima orang perwakilan masyarakat. (*)

Baca Berita Belu Lainnya

 
 

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved