Berita Kota Kupang

Kota Kupang Kembali Perpanjang PPKM Level IV

Pemerintah Kota Kupang kembali mengeluarkan instruksi Wali Kota Kupang untuk memperpanjang pemberlakukan PPKM Level IV

Editor: Kanis Jehola
Foto Pemkot Kupang
Capture surat instruksi Wali Kota Kupang dan surat instruksi. 

Laporan reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Pemerintah Kota Kupang kembali mengeluarkan instruksi Wali Kota Kupang untuk memperpanjang pemberlakukan PPKM Level IV. Pemberlakukan PPKM Level IV ini merupakan kedua kalinya setelah sebelumnya dilakukan pada tanggal 3 hingga 11 Agustus 2021. 

Surat perpanjangan PPKM Level IV bernomor 058/Bag.HK.443.1/VIII/2021 tentang perpanjangan kedua pemberlakukan PPKM Level IV di Kota Kupang dalam rangka pengendalian penyebaran Covid-19.

Walau demikian dalam surat instruksi ini, tidak ada perubahan apapun mengenai larangan dan ketentuan dalam pengendalian Covid-19.

Dalam surat instruksi ini juga disampaikan kepada semua pihak wajib disiplin dan penuh tanggung jawab mentaati Protokol Kesehatan di tempat umum.

Baca juga: PPKM Level IV Diperpanjang , Ini yang Disampaikan Dandim 1601 Sumba Timur

Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di sekolah, perguruan tinggi, akademi, tempat pendidikan/ pelatihan) dilakukan secara daring/online. Termaksud kegiatan pada sektor non esensial yang terkait secara langsung maupun tidak langsung dengan pencegahan maupun penanganan Pandemi Covid-19 diberlakukan 100 persen Work From Home ( WFH).

Sektor keuangan dan perbankan diizinkan beroperasi 50 persen staf pelayanan masyarakat dan 25 persen pelayanan administrasi mendukung operasional.

Untuk layanan Teknologi informasi dan komunikasi terkait dengan penyebaran informasi kepada masyarakat, Perhotelan non penanganan karantina, Industri orientasi eskpor dan industri penunjang ekspor dan diwajiban menunjukkan bukti contoh dokumen Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB) selama 12 bulan terakhir atau dokumen lain yang menunjukkan rencana ekspor dan wajib memiliki Izin Operasional dan Mobilitas. Kegiatan Industri (IOMKI) dengan operasional dibuka 50 persen.

Pada sektor pemerintahan yang memberikan pelayanan publik yang tidak bisa ditunda pelaksanaannya diberlakukan 25 persen.

Baca juga: Dandim 1601 Sumba Timur Sidak Penyekatan PPKM Level IV di Lewa

Sektor kesehatan dan keamanan dan ketertiban masyarakar beroperasi 100 persen.

Sementara untuk, Penanganan bencana,  Energi, Logistik, transportasi dan distribusi terutama untuk kebutuhan pokok masyarakat, Makanan dan minuman serta penunjangnya, termasuk untuk ternak/hewan peliharaan, Pupuk dan petrokimia, Semen dan bahan bangunan, Obyek vital nasional seperti  SPBU, serta Menara Telekomunikasi dibuka 100 persen dan 25 persen pelayanan administrasi.

Bagi Pasar tradisional, pedagang kaki lima, toko kelontong, agen/outlet   voucher, barbershop/pangkas  rambut, laundry, pedagang asongan, pasar loak,  pasar burung/unggas, pasar basah, bengkel kecil, cucian kendaraan, dan lain-lain yang sejenis diizinkan buka dengan  dibatasi  jam operasional sampai Pukul 20.00 WITA dengan protokol Kesehatan ketat.

Sementara, Supermarket, minimarket, toko kelontong dan toko/pasar swalayan yang menjual kebutuhan sehari-hari dibatasi jam operasional sampai pukul 20.00 WITA dengan kapasitas pengunjung 50 persen.

Khusus toko/kios yang melayani kebutuhan pokok pasien pada Kompleks Rumah Sakit Dan apotek dan toko obat dapat buka

Satuan Polisi Pamong Praja Kota Kupang, Satgas/Gugus Tugas Covid-19 dan instansi terkait lainnya sesuai tugas dan fungsinya berkoordinasi dengan TNI/POLRI melakukan operasi termasuk dimalam hari untuk memastikan penerapan Protokol Kesehatan dan pembatasan tersebut dan bila terjadi pelanggaran diberikan sanksi yang tegas sesuai KUHP, UU Nomor 16 Tahun 2018 tentang karantina Kesehatan dan ketentuan lainnya yang berlaku.

Pembagian sektor Esensial, Non Esensial dan Kritikal serta pengaturan Jadwal Kerja dilingkungan Pemerintah Kota Kupang selama penerapan PPKM Level 4, diatur secara tersendiri dengan Edaran dari Badan Kepegawaian, Pelatihan dan Pengembangan Daerah Kota Kupang.

Pada saat Instruksi ini mulai berlaku, surat Edaran Walikota Kupang Nomor 046/ HK.443.1/VII/2021, tanggal 21 Juli 2021 tentang Perpanjangan Kedua Atas PPKM Skala Mikro di Kota Kupang. (*)

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved