Breaking News:

Opini Pos Kupang

Kohesivitas Supporter dan Fans Club Sepak Bola

Beberapa tim telah mendapat tiket ke babak 16 besar dan akan berlaga dengan skuad terbaik untuk memperoleh kemenangan

Editor: Kanis Jehola
Dok Pos-Kupang.Com
Logo Pos Kupang 

Oleh: Wardy Kedy, Peneliti Bidang Psikologi Sosial

POS-KUPANG.COM - Perhelatan Euro 2021 sedang berlangsung. Beberapa tim telah mendapat tiket ke babak 16 besar dan akan berlaga dengan skuad terbaik untuk memperoleh kemenangan. Strategi dan kombinasi dalam taktik bermain akan ditampilkan setiap tim guna memperoleh tiket ke fase berikutnya.

Hampir pasti bahwa setiap tim yang sudah lolos ini tentu membawa kesenangan tersendiri bagi para penggemarnya. Pendukung tim yang sudah lolos tentu akan berbesar hati dan terus memberikan dukungan terbaiknya dengan segala cara.

Kendati masih dalam suasana pandemi, perhelatan Euro 2021 tetap berjalan dalam suasana yang riuh dan bersemangat. Suara gemuruh para supporter masih bisa terdengar, sekalipun ditonton secara online.

Itulah spirit yang tidak bisa dihilangkan dalam suatu pertandingan sepak bola, di mana hadirnya individu-individu yang setia menyemangati dan mendukung, baik di lapangan secara langsung (walau dibatasi jumlahnya) maupun diluar lapangan turut memberi andil bagi keberhasilan sebuah tim.

Baca juga: Live Hasil Lengkap Grup D di Link Skor Piala Eropa, Hasil Euro 2021 Inggris vs Republik Ceko

 

Mereka sering disebut dengan istilah supporter dan fans club (penggemar). Ya, memang, siapa yang tidak mengenal `gila'nya supporter bola, jika tim favoritnya menang. Itulah dinamika yang terjadi dalam kelompok yang menyebut diri fans club sepak bola.

Kita semua tahu bahwa sepak bola adalah salah satu olahraga yang paling banyak digemari orang, baik yang tua-muda, maupun anak kecil hingga orang dewasa.

Fanatisme supporter bola memang sulit dibendung, sehingga terkadang mereka memberikan antusias yang berlebih pada salah satu tim favoritnya.

Memang kehadiran supporter merupakan ikon penting dalam suatu pertandingan sepak bola karena tanpa adanya supporter bisa menyebabkan pertandingan sepakbola menjadi kurang menarik, hambar,dan tanpa makna.

Baca juga: Klasemen Grup B Terbaru Tim Lolos 16 Besar Piala Eropa 2021, Hasil EURO 2021 Belgia Vs Denmark

Tidak dapat dipungkiri bahwa supporter juga memiliki peran urgen dalam menunjang kesuksesan sebuah tim sepakbola, baik untuk pendapatan klub dari tiket ataupun sebagai motivasi tim yang bertanding.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved