Breaking News:

Bupati Korinus Minta Dukungan DPRD Kupang agar TMMD Dilakukan Dua Kali Setahun

Bupati Kupang, Korinus Masneno menyinggung kembali janjinya tahun lalu ketika membuka TMMD di wilayah itu

Penulis: Paul Burin | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/PAUL BURIN
USAI MENYEKOP MATERIAL- Bupati Kupang, Korinus Masneno didampingi Ketua DPRD, Daniel Taimenas, Kasrem, Kapolres dan Dandim Kupang rehat sejenak usai menyekop material di lokasi rehab Gereja Emanuel Sahraen, Selasa, 15 Juni 2021. 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Ketika membuka TNI Manunggal Membangun Desa ( TMMD) ke-111 di Desa Sahraen, Kecamatan Amarasi Barat, Kabupaten Kupang, Selasa, 15 Juni 2021, Bupati Kupang, Korinus Masneno menyinggung kembali janjinya tahun lalu ketika membuka TMMD di wilayah kabupaten itu.

Ketika itu Bupati Masneno mengharapkan agar tahun ini TMMD di kabupaten itu dapat dilakukan dua kali. Satu kali TMMD untuk wilayah perbatasan negara dan satunya lagi reguler. Namun, rencana itu tak belum terlaksana karena kondisi keuangan daerah yang mengalami refocusing akibat Covid-19.

Karena itu, kepada Ketua DPRD Kabupaten Kupang, Daniel Taimenas yang juga hadir saat itu, bupati berharap pada perubahan anggaran 2021 ini DPRD dapat mendukung kegiatan ini dengan mengalokasikan anggaran sehingga TMMD yang kedua bisa berlangsung tahun ini.

Baca juga: Bupati Flores Timur Gandeng Tokoh-tokoh Inspiratif Launching Perdana Pasar Murah

Baca juga: Tim Gabungan ESDM Setda Sumba Barat Gelar Operasi Penertiban Pedagang Eceran Premium

Sebab kata mantan Wabup Kupang, ini TMMD sungguh terukur. Program ini berjalan selama 30 hari dan berakhir sesuai dengan skedul. Selain itu, kualitas pekerjaan baik serta masyarakat dapat menikmati hasilnya.

"Statement Pak Bupati tadi yang meminta DPRD memberi dukungan dana, terkesan seakan lembaga legislatif tak mendukung bupati?" Sambil tertawa ia mengatakan, justru ia menyampaikan hal ini dalam konteks mengingatkan janji setahun lalu bersama ketua DPRD. Bupati kesempatan itu justru memuji DPRD setempat selalu mendukung berbagai kebijakan pemerintahannya.

Menanggapi hal ini, Ketua DPRD, Daniel Taimenas mengatakan, apa yang disampaikan bupati tentang dana yang terbatas, benar adanya. Karena itu ia dan anggota DPRD siap menyuport dengan mengalokasikan anggaran pada perubahan anggaran nanti.

Baca juga: Cegah Covid-19, Anggota KBT dan Masyarakat di Kodim 1612 Manggarai Disuntik Vaksin Astra Zeneca

Baca juga: Begini Prediksi Euro 2021 oleh Pelatih Dollar FC Nisakarang Dua-Muda

"Saya dukung dan bersama teman-teman di DPRD siap menganggarkan dana pada perubahan anggaran nanti," kata Daniel sambil tertawa pula.

Mendengar statement ini bupati Masneno tampak tertawa sambil menjempoli ketua DPRD yang berdiri di sampingnya.

Usai membuka kegiatan ini, bupati bersama rombongan meninjau rehabilitasi gereja, kapela, sekolah dan ruang guru yang tengah dilakukan TNI dan warga.

Melihat antusiasme TNI dan warga yang bergotong-royong, bupati, ketua DPRD, Kasrem, Kapolres dan Dandim ikut menyekop material semen, kerikil dan pasir. Sekitar tiga sampai empat kali menyekop material para pejabat ini rehat sejenak kemudian melanjutkan beberapa kali lagi.
"Ayo, lanjutkan," kata bupati dibenarkan Ketua DPRD, Daniel.

Fisik dan Nonfisik

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD ke-111 yang juga Dandim 1604/Kupang, Kolonel Arh. Abraham Kalelo, S.Sos, melaporkan, kegiatan ini dilakukan dalam dua tahap, yakni fisik dan nonfisik.

Kegiatan fisik berupa pembangunan tiga ruang kelas dan satu ruang guru SMP Kristen I Amarasi Selatan, rehab Kapela Santu Benediktus Sahraen, Rehab Gereja Imanuel Sahraen dan rehab rumah pastori.
Sedangkan kegiatan nonfisik berupa penyulihan teknologi tepat guna oleh Dinas PMD Kabupaten Kupang, penyuluhan tentang wawasan kebangsaan, penyuluhan hukum, bela negara, penyuluhan tentang Posyandu, Covid-19 dan bencana alam. Setiap hari kata dia, sebanyak 150 personil TNI/Polri dan 100 orang warga setempat terlibat dalam kegiatan ini. Sesuai agenda, TMMD akan berakhir pada 14 Juli 2021.
Hadir, Kasrem 161 Wirasakti Kupang, Kolonel Inf. Jemz Andre Ratu Edo, S.Sos; Kapolres Kupang, AKBP Aldinan RJH Manurung; Asisten II Setda Kupang, Amos Uly; Kadis PU, Johny Nomseo; Kadis Peternakan, Alex Mate; Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Yes Sailanu dan Kabag Humas Setda Kupang, Martha Para Ede. Hadir pula para tokoh agama, tokoh masyarakat dan lembaga adat setempat. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Paul Burin)

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved