Breaking News:

Opini Pos Kupang

Gagap dan Gegar Digital

Pada akhir bulan Mei 2021 yang lalu Presiden Jokowi meluncurkan program Literasi digital nasional dengan tema "Indonesia Makin Cakap Digital".

Editor: Kanis Jehola
Gagap dan Gegar Digital
DOK POS-KUPANG.COM
Logo Pos Kupang

Oleh : Dr. Suwanto Raharjo, S.Si, M.Kom, Dosen informatika IST AKPRIND Yogyakarta

POS-KUPANG.COM - Pada akhir bulan Mei 2021 yang lalu Presiden Jokowi meluncurkan program Literasi digital nasional dengan tema "Indonesia Makin Cakap Digital". Program tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah untuk percepatan transformasi digital, khususnya pada pengembangan sumber daya manusia.

Kebutuhan sumber daya yang melek digital memang menjadi kebutuhan yang sangat mendesak.

Teknologi digital saat ini hampir bisa dijumpai dan digunakan di setiap lini kehidupan. Mulai dari penggunaan smartphone sampai siaran televisi kini telah menggunakan teknologi digital.

Kecepatan perkembangan infrastruktur teknologi merupakan faktor penting dalam semakin banyaknya penggunaan teknologi digital dalam berbagai peralatan di sekitar kita. Namun kecepatan perkembangan tersebut juga menjadi salah satu penyebab ketidaksiapan untuk beradaptasi dengan berbagai perubahan yang terjadi atau seringkali disebut dengan gagap digital.

Baca juga: Kode Redeem FF 14 Juni 2021, Buruan Klaim Kode Redeem Free Fire Terbaru dan Terlengkap

Baca juga: Covid-19 Masih Tinggi di Malaysia dan Sulit Dikendalikan , Negeri Jiran Lanjutkan Lockdown

Ketidaksiapan beradaptasi di era digital ini merupakan permasalahan yang serius dan harus segera diatasi. Hebohnya kebocoran data penduduk Indonesia sebanyak 279 juta record di akhir bulan Mei 2021 atau kebocoran NIK dan KK data warga Magelang, Jawa Tengah pada 6 Juni 2021 lalu bisa berawal dari gagap digital ini.

Gagap digital yang tidak diikuti dengan segera dilakukan pembenahan maka bisa memunculkan gegar atau shock digital. Hal itu dapat memicu terjadinya kekurang- siapan dalam mengelola data digital yang bisa berujung pada adanya masalah keamanan, seperti kebocoran data tersebut.

Usaha dan upaya agar tidak gagap dan gegar digital merupakan prioritas yang harus dilakukan. Membangun pengetahuan yang berkaitan dengan teknologi, khususnya data digital harus dilakukan bahkan mulai dari tingkat pendidikan dasar.

Saat ini memiliki pengetahuan, khususnya tentang data digital menjadi hal yang penting dimiliki oleh semua lapisan masyarakat. Pengetahuan ini bahkan mungkin menjadi wajib untuk mereka yang memiliki tanggung jawab untuk memproses dan menyimpan data digital. Sehingga berbagai upaya untuk mempelajari berbagai pengetahuan mengenai data digital ini harus terus digalakkan.

Baca juga: Indomaret Hari Ini 13 Juni 2021 Promo Sarapan Sehat : Harga Murah UHT Ultra Energen GoodDay

Baca juga: Kukuhkan Kader Gerindra Esthon Foenay Hadir di Ende

Empat pilar yang dibangun pemerintah melalui Kemkominfo melalui gerakan nasional literasi digital, yakni, digital skills, digital ethics, digital culture, dan digital safety dapat menjadi acuan dalam pembelajarannya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved