Breaking News:

Opini Pos Kupang

Uji Nyali Partai Golkar

Partai Golongan Karya ( Partai Golkar) NTT telah merilis nama-nama bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTT

Editor: Kanis Jehola
Uji Nyali Partai Golkar
DOK POS-KUPANG.COM
Logo Pos Kupang

Oleh Lasarus Jehamat, Dosen Sosiologi Fisip Undana Kupang

POS-KUPANG.COM - Partai Golongan Karya ( Partai Golkar) NTT telah merilis nama-nama bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTT, bupati dan wakil bupati, walikota dan wakil walikota untuk kontestasi politik tahun 2024 (19 Mei 2021).

Dari nama-nama yang beredar, sebagian besar merupakan kader Golkar dan sisanya berasal dari berbagai bidang; swasta, ASN, dan dosen (negeri dan swasta).

Dari aspek jenis kelamin, sebagian besar bakal calon adalah laki-laki. Dari aspek usia, Golkar memilih dari yang milenial sampai ke kelompok tua. Dari karakteristik etnopolitik dan geopolitik lokal NTT, calon yang dirilis Golkar merepresentasi suku, bangsa, dan agama di NTT.

Bagi saya, ini merupakan langkah taktis sekaligus berani. Taktis karena dengan begini, Golkar telah membaca peluang dan tantangan kontestasi 2024. Karena itu, lumrah jika bakal calon diumumkan sekarang.

Baca juga: Simak Jadwal Grup B Euro 2020, Duel Debutan Melawan Kampiun 1992, Siapa Mereka?

Baca juga: Ramalan Zodiak Karier Senin 24 Mei 2021: Cancer Jalin Kemitraan, Virgo Bakal Dapat Promosi

Aspek popularitas tentu menjadi bidikan utama di sana. Selain karena alasan peluang, langkah Golkar dinilai berani karena meski Golkar merupakan pemenang bersama PDIP di tingkat jumlah kursi di DPRD Provinsi, misalnya, Golkar mau mematahkan mitos dinamika kandidasi di setiap proses kontestasi.

Karena itu, saya menyebut langkah Golkar ini sebagai sebuah ujian. Langkah ini jelas bertujuan menguji nyali Golkar secara internal dan dan menguji nyali kesadaran politik masyarakat NTT secara eksternal.

Pilihan mengumumnkan nama-nama bakal calon hari ini jelas melalui pertimbangan yang matang dan rasional. Golkar NTT jelas sudah menghitung dan terus mengukur peluang dan kesempatan berdasarkan kekuatan yang dimiliki partai secara internal.
Gugatan banyak pihak sesungguhnya amat sederhana.

Bagaimana cara Golkar memenangi uji nyali ini? Pertanyaan ini laik diajukan terutama karena dua hal pokok.

Baca juga: Promo Indomaret Senin 24 Mei 2021 Harga Heboh , Minyak Tropical Rp 27.800, Frisian Flag Lebih Murah

Baca juga: Promo Indomaret Diskon Produk Masak Senin 24 Mei 2021, Mamasuka Pancake Rp 7500, Blue Band Rp 7.100

Pertama, sebagaimana dinamika politik nasional telah meriak keluar, Golkar kemudian turut serta dalam riakan itu dan coba menawarkan orang-orang terhebatnya untuk duduk dalam kursi pimpinan politik di 2024 nanti.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved