Breaking News:

Salam Pos Kupang

Mencermati Soal Permudah Investasi

Bupati Belu yang baru, dr. Agustinus Taolin, mengungkapkan, pihaknya akan mempermudah soal izin investasi di daerah itu

Mencermati Soal Permudah Investasi
DOK POS-KUPANG.COM
Logo Pos Kupang

POS-KUPANG.COM - SAAT menyampaikan pidato perdana dalam rapat paripurna DPRD Belu, Bupati Belu yang baru, dr. Agustinus Taolin, mengungkapkan, pihaknya akan mempermudah soal izin investasi di daerah itu, Selasa (27/4/2021).

Hal itu dilakukan mengingat letak Kabupaten Belu yang berbatasan langsung dengan Negara Timor Leste. Baginya, kondisi itu harus bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya dengan mendatangkan sebanyak-banyaknya investor.

Ide Bupati Belu itu tentu terbilang bagus dalam tataran tertentu. Selama ini, iklim investasi di NTT, secara umum masih belum menggembirakan.

Ada hal yang paling mengganjal dalam berinvetasi di NTT adalah soal izin operasi yang terkadang sangat sulit dikantongi investor. Belum lagi masalah ikutan, seperti masalah tanah terkadang tidak berawal dan berujung.

Baca juga: Ruas Jalan Ruteng-Golo Cala Rusak

Baca juga: Renungan Harian Katolik, Jumat 30 April 2021: KITA DAN KEGELISAHAN

Semua itu merupakan bagian dari kesulitan utama, mengapa iklim investasi di NTT sangat tidak cemerlang seperti di daerah lainnya di Indonesia. NTT dalam banyak hal masih memiliki sejumlah potensi yang belum dimanfaatkan secara optimal.

Satu diantaranya, soal pertambangan. Tambang di NTT terbilang menggiurkan tetapi saat seseorang mengantongi izin eksploitasi maka mulai muncul kisruh dimana-mana.

Pertanyaan sekarang, mengapa izin investasi seperti itu menuai protes dari masyarakat? Apakah masalahnya terletak pada izin atau pada SDM masyarakat? Jawabannya, sebetulnya terletak kepada kemauan baik dari masyarakat itu sendiri.

Baca juga: Ketua DPRD Kabupaten Rote Ndao Nilai Biaya Rapid Test Membebani Masyarakat

Baca juga: Berburu Takjil di Bulan Ramadan dan Harapan Pedagang di Kota Larantuka

Kalau mau jujur, satu daerah bisa akan berkembang pesat hanya dengan investasi. Tanpa investasi maka kemungkinan masyarakat mengalami perubahan secara ekonomis sangat sulit.

Mencermati hal seperti itu, ide mempermudah iklim investasi baik dan perlu didukung. Hanya yang paling penting harus diklarifikasi benar, izin mana yang akan dipermudah? Kalau hanya sekedar omong-omong saja, tentu semua orang bisa.

Butuh sikap tegas dan pemerintah agar mempermudah izin investasi harus sejalan juga dengan persiapan terhadap masyarakat.

Edukasi masyarakat sangat penting. Tidak ada gunanya, seorang investor hanya bisa mengantongi izin lalu tidak melakukan apa- apa. Itu menjadi catatan kaki yang perlu dipertimbangkan secara matang.

Disini juga butuh keselarasan antara pemerintah dari desa hingga kabupaten agar satu pemahaman tentang mempermudah investasi itu dalam konteks apa. Perlu juga diintrodusir, apa keuntunga dari investasi bagi masyarakat. (*)

Kumpulan Salam Pos Kupang

Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved