Breaking News:

Ingat Awal Tahun Ingat Lapor Pajak

Waktu untuk melaporkan SPT Tahunan Badan sudah akan berakhir pada tanggal 30 April mendatang

POS-KUPANG.COM/MICHAELLA UZURASI
Tangkapan Layar Ngobrol Asyik Bersama Pos Kupang, SPT Tahunan Badan. 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Waktu untuk melaporkan SPT Tahunan Badan sudah akan berakhir pada tanggal 30 April mendatang sementara SPT Tahunan untuk orang pribadi sendiri batas akhirnya 31 Maret lalu.

Surat Pemberitahuan (SPT) dalam UU Perpajakan adalah surat yang oleh wajib pajak digunakan untuk menyampaikan laporan perhitungan pajak dan atau objek pajak, bukan objek pajak, harta dan kewajiban sesuai dengan ketentuan perpajakan.

"Kalau musim sekarang, tahun 2021 ini kan kita sudah harus menyampaikan SPT tahunan tahun 2020," kata Account Representative KPP Pratama Kupang, Bambang Irawan dalam Acara Ngobrol Asyik Bersama Pos Kupang dengan tema SPT Tahunan Badan pada Rabu (28/04/2021).

Baca juga: Hasil dan Jadwal Tinju Dunia Andy Ruiz vs Chris Arreola Live TVOne Minggu 2 Mei 2021

Baca juga: Kadis Dikbud NTT Launching Kick Off Swab Massal Program Surveilans Sekolah Bebas Covid-19

Penyuluh Pajak Ahli Pertama KPP Pratama Kupang, Jupiter Heidelberg Siburian dalam kesempatan tersebut menyampaikan, sejauh ini, ada masyarakat yang masih belum memahami apa itu SPT namun kebanyakan sudah tahu tetapi masih kurang memahami dari segi teknis seperti ada yang melupakan e-fin atau lupa caranya sehingga mereka masih bertanya - tanya.

"Tapi mereka (wajib pajak) rata - rata sudah tahu SPT itu apa," ujar Jupiter.

Selama masa pandemi, dari tim penyuluhan KPP Pratama Kupang membentuk satgas, tim penerima dan tim penyuluh yang dimaksimalkan secara online untuk menghindari kerumunan.

"Namanya juga pandemi seperti ini kan tidak kita harapkan jadi bagaimana upaya kita supaya dalam (masa) pandemi, yang melaporkan SPT itu banyak jadi kita melakukan berbagai macam inovasi termasuk penyuluhan melalui aplikasi zoom atau kita biasanya live di YouTube juga share link ke wajib pajak," jelas Bambang.

Baca juga: Warga TTU Heboh, Temukan Ikan Paus di Pesisir Pantai Amtasi

Baca juga: Ini Kata Bupati Flotim Terkait Insentif Covid-19 bagi Nakes di RSUD Larantuka

Selain itu, KPP Pratama Kupang juga melakukan asistensi ke instansi - instansi untuk mengetahui berapa jumlah pegawai yang ada kemudian diambil datanya lalu dicek di data base KPP Pratama Kupang, siapa yang belum melapor.

"Itu yang kita imbau untuk lapor, nanti masalah teknisnya seperti apa kita kembalikan ke mereka. Mereka yang menyiapkan ruangannya terus kita datang dan memberikan penyuluhan atau via aplikasi zoom itu kita kembalikan ke instansi atau kantor masing - masing," ujar Bambang.

Jupiter menambahkan, disamping itu, KPP Pratama Kupang juga berinovasi termasuk chattingan WhatsApp.

Halaman
1234
Penulis: Michaella Uzurasi
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved