Breaking News:

ASN Bisa Kerja Dari Rumah Selama Ramadhan , Begini Panduan Menurut Surat Edaran Menpan RB

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi PAN RB telah mengambil kebijakan untuk Aparaur Sipil Negara saat Puasa Ramadhan 2021

Editor: Alfred Dama
TribunJabar
ILUSTRASI. Pengumuman! Pemerintah melarang PNS ke luar kota saat libur Isra Miraj dan Nyepi 

POS KUPANG.COM -- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi PAN RB telah mengambil kebijakan untuk Aparaur Sipil Negara saat Puasa Ramadhan 2021

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo menerbitkan Surat Edaran (SE) yang mengatur jam kerja aparatur sipil negara (ASN) selama Ramadhan 1422 Hijriah.

Lewat SE Nomor 9 Tahun 2021 itu, Tjahjo menyebut bahwa tugas kedinasan pada bulan Ramadhan 1442 Hijriah harus tetap dilaksanakan.

"Dengan tetap memperhatikan pengendalian Covid-19 di lingkungan instansi pemerintah. Sehingga perlu dilakukan penyesuaian jam kerja pegawai ASN," katanya dikutip dari lembaran SE pada Selasa (13/4/2021).

Baca juga: PERHATIAN, Begini Jam Kerja ASN Selama Bulan Ramadhan 2021, Waktu Kerja Dikurangi, Ini Ketentuannya

Baca juga: Walikota Kupang Instruksikan ASN Kota Kupang Wajib Turun ke Jalan, Begini Alasannya

Berikut rincian dari SE tersebut: Atur jumlah ASN yang WFO dan WFH Dalam SE disebutkan, pejabat pembina kepegawaian pada instansi pemerintah diminta mengatur jumlah pegawai yang melaksanakan tugas kedinasan di kantor ( work from office /WFO) dan/atau di rumah/tempat tinggal (work from home/WFH).

Pengaturan itu dengan mempertimbangkan data zonasi risiko yang dikeluarkan oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19.

Selain itu juga merujuk kriteria sebagaimana dimaksud dalam SE Menpan RB Nomor 58 Tahun 2020 tentang Sistem Kerja Pegawai ASN dalam tatanan normal baru sebagaimana telah diubah dengan SE Menpan RB Nomor 67 Tahun 2020.

Baca Juga: Inilah hukuman bagi ASN yang nekat mudik saat Lebaran

Jam kerja ASN

Kemudian, SE memberikan penjelasan bahwa jam kerja ASN menyesuaikan jumlah hari masuk kerja sesuai ketetapan instansi pemerintah masing-masing. Pertama, bagi instansi pemerintah yang memberlakukan lima hari kerja, maka jam kerja adalah Senin - Kamis pukul 08.00 WIB - 15.00 WIB dengan waktu istirahat pukul 12.00 WIB - 12.30 WIB.

Halaman
12
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved