Breaking News:

Opini Pos Kupang

Sahabat : Model Pendekatan Pelayanan yang Komprehensif

Persahabatan atau pertemanan istilah yang menggambarkan perilaku kerja sama dan saling mendukung antara dua atau lebih entitas sosial

Editor: Kanis Jehola
Sahabat : Model Pendekatan Pelayanan yang Komprehensif
Dok POS-KUPANG.COM
Logo Pos Kupang

Oleh : Ns. Theresia Angelina Bala S.Kep, Mkes, Kepala Puskesmas Kewapante

POS-KUPANG.COM - Persahabatan atau pertemanan adalah istilah yang menggambarkan perilaku kerja sama dan saling mendukung antara dua atau lebih entitas sosial. Sahabat adalah orang yang memperlihatkan perilaku yang berbalasan dan reflektif.

Sahabat adalah seorang teman yang tidak bisa dikatakan hanya sebagai sekadar teman saja. Karena sahabat sejati selalu ada di setiap suka dan duka.

Mengapa pelayanan di masa lalu kebanyakan mendapat pujian dan kepuasan dari pelanggan? Pelayanan yang belum didasarkan pada ilmu modern namun mendapatkan kepuasan dan pujian. "Orang-orang dulu itu, tangannya dingin."

Baca juga: Kesulitan Air Pasca Bencana, BPBD Kabupaten Kupang Salurkan Air Bersih ke Pemukiman Warga, Info 

Baca juga: Sepekan di Posko Pengungsian, Bernadina Usnat Tak Berjualan di Pasar Kabupaten Belu

Tidak jarang kita mendengar ungkapan seperti ini. Lantas, ada apa dengan orang-orang sekarang? Apakah mereka tidak melayani? Apakah mereka bukan orang yang bertangan dingin?

Sesungguhnya tidak demikian. Hal mendasar yang membedakan dulu dan sekarang hanyalah terbatas pada "hati". Apakah pelayanan sekarang tidak megedepankan hati? Sering kita mendengar kalimat "melayani dengan hati".

Bagaimana bisa melayani dengan hati? Jika kita punya atau pernah punya sahabat, maka layani mereka yang membutuhkan kita layaknya kita menjalin persahabatan dengan filosofi bahwa sahabat selalu ada bersama dalam suka maupun duka.

Sahabat dalam Pelayanan Kesehatan

Menjadi tenaga kesehatan dijaman ini, sesungguhnya lebih menyenangkan dibandingkan jaman lampau. Ketersediaan sarana pendukung, kemajuan ilmu dan teknologi dan kemudahan dalam mengakses segala informasi seharusnya bisa mendukung tercapainya standar profesionalitas pelayanan yang sesungguhnya. Namun kenyataan mungkin tidak sesuai harapan masyarakat pada umumnya.

Baca juga: Memasuki Bulan Ramadan, Hari Ini 1 Malam Ramadhan 2021, Ini Doa dan Artinya serta Cara Solat Tarawih

Baca juga: PERHATIAN, Begini Jam Kerja ASN Selama Bulan Ramadhan 2021, Waktu Kerja Dikurangi, Ini Ketentuannya

Bagaimana bisa mengembalikan hubungan baik antara tenaga kesehatan dan masyarakat? Ini yang menjadi tantangan besar dalam pelayanan jaman ini. Ketika memulai model pelayanan dengan mengutamakan filosofi "sahabat", muncul keraguan yang sebenarnya tidak beralasan.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved