Breaking News:

Berita NTT Terkini

Program Kesehatan Gratis Dieksekusi Tahun Pertama Kepemimpinan Agus Taolin-Alo Serens

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD) Kabupaten Belu berupaya agar program kesehatan gratis mulai tahun pertama

POS-KUPANG.COM/TENI JENAHAS
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Belu, Cypri Temu, SH 

POS-KUPANG.COM | ATAMBUA - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD) Kabupaten Belu berupaya agar program kesehatan gratis yang merupakan program unggulan Paket Sehati harus dieksekusi tahun pertama kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Belu, dr. Agus Taolin-Aloysius Haleserens.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Belu, Cypri Temu, SH kepada Pos Kupang.Com saat dikonfirmasi, Kamis (18/3/2021).

Cypri Temu yang juga Ketua Tim Pemenangan Paket Sehati ini mengungkapkan, dr. Agus Taolin dan Aloysius Haleserens resmi sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Belu terpilih setelah adanya putusan MK, Kamis kemarin. Sambil menunggu proses pelantikan, Cypri sebagai anggota sekaligus unsur pimpinan DPRD Belu akan berupaya agar program kesehatan gratis dari Paket Sehati harus dieksekusi di tahun pertama kepemimpinan mereka.

Baca juga: Menyambut Program Sekolah Penggerak

"Kita akan berupaya di perubahan nanti langsung masukan anggaran sehingga program kesehatan gratis langsung dieksekusi tahun pertama", kata Cypri.

Menurut Cypri, mengurus kesehatan masyarakat sangat penting dan cepat sehingga program unggulan paket Sehati untuk kesehatan gratis harus dilaksanakan sejak tahun pertama kepemimpinan mereka. Program ini juga sejalan dengan program nasional untuk mengurus kesehatan masyarakat di masa pandemi covid-19 ini. Hal ini tidak berarti program pembangunan lainnya diabaikan tapi tetap dilaksanakan dengan mempertimbangkan kemampuan keuangan daerah.

Baca juga: Jadi Provinsi Dengan Bandara Terbanyak, Gubernur NTT Ajukan Pembangunan Sekolah Penerbangan

Cypri mengatakan, program kesehatan gratis merupakan salah satu program prioritas Paket Sehati yang sudah disampaikan kepada masyarakat selama masa kampanye. Ketika sudah dilantik, Paket Sehati segera mengeksekusi program tersebut sehingga masyarakat Belu dapat merasakan manfaatnya.

Sesuai aturan perundang-undangan, setelah pelantikan, bupati terpilih akan menyusun RPJMD dan dalam RPJMD tersebut semua visi misi bupati terpilih akan dijabarkan.

"Jadi apa yang menjadi program unggulan yang disampaikan dokter Agus dan bapak Alo Serens akan dieksekusi sejak tahun pertama", ungkap Cypri.

Untuk diketahui, Pemkab Belu telah melaksanakan rapat lintas OPD guna menyelaraskan program dan kegiatan Perangkat Daerah melalui usulan program dan kegiatan hasil Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD). Rapat yang dibuka Plh. Bupati Belu, Frans Manafe, S.Pi itu dilakukan secara daring melalui aplikasi zoom meating, Senin (8/3/2021).

Forum Perangkat Daerah Kabupaten Belu tahun 2021 ini mengangkat tema pemulihan ekonomi pasca covid-19 melalui percepatan pelayanan kesehatan, pemberdayaan ekonomi dan jaringan layanan sosial.

Halaman
12
Penulis: Teni Jenahas
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved