Breaking News:

Salam Pos Kupang

Maksimalkan Keberadaan Laboratorium Bergerak

PEMERINTAH Provinsi NTT kini sudah memiliki laboratorium mobil polymerase chain reaction keliling atau Mobile Combat Covid-19

Maksimalkan Keberadaan Laboratorium Bergerak
Dok POS-KUPANG.COM
Logo Pos Kupang

POS-KUPANG.COM - PEMERINTAH Provinsi NTT kini sudah memiliki laboratorium mobil polymerase chain reaction keliling atau Mobile Combat Covid-19. Mobil bantuan Kementerian Kesehatan RI untuk Pemprov NTT itu telah tiba di Kota Kupang, Selasa (16/2/2021).

Dari beberapa pernyataan dari Pemprov NTT, keberadaaan laboratorium bergerak tersebut bertujuan untuk mempercepat proses polymerase chain reaction (pcr). Mobil dengan harga di atas Rp 5 miliar tersebut memegang peranan penting dalam upaya penanganan penyebaran Covid-19 di Provinsi NTT.

Dari berbagai literatur, diketahui bahwa laboratorium bergerak ini mempunyai fasilitas PCR paripurna dengan beberapa perlengkapan penting di dalamnya. Perlengkapan yang dimaksud di antaranya Bio Safety Cabinet level II, alat ekstraksi sampel RNA otomatis, alat periksa RT-PCR berkapasitas 96 sampel, dan lemari pendingin penyimpan sampel.

Dipo Center Bagikan APD untuk Nakes di Puskesmas Kota Bajawa

PCR yang terdapat pada kabin mobil punya teknologi baru, yakni dengan reagen padat. Interiornya mengadopsi fitur negative pressure yang dilengkapi sistem double High Efficiency Particulate Air sehingga udara bebas virus. Mobil ini dipakai untuk meningkatkan cakupan surveilans aktif covid-19 di berbagai pelosok daerah dan difungsikan oleh tim laboran khusus yang dibentuk oleh Satuan Tugas Covid-19.

Saat ini mobil ini sudah diparkir di halaman RSJ Naimata. Penggunaannya akan dilakukan setelah peresmian atau launching dari Pemprov NTT.

Satgas Yonarmed 3/105 Tarik Perindah Masjid Al-Hidayah

Mobil ini memang diharapkan segera dimanfaatkan. Mobil ini dianggap dapat mempercepat tracing virus covid-19, secara jemput bola tanpa masyarakat harus ke rumah sakit. Setidaknya, laboratorium bergerak ini dapat melakukan pengujian sampel sebanyak 500 sampel dari masyarakat setiap harinya.

Masyarakat NTT patut bersyukur dengan keberadaan fasilitas ini. Diharapkan, Pemprov NTT juga dapat membeli sendiri mobil ini untuk ditempatkan di Flores, Sumba atau daerah lainnya. Hal ini penting agar penyebaran covid-19 cepat dideteksi untuk dicegah.

Satu titipan yang mesti diingat adalah menjaga dan merawatnya. Apakah sumber daya manusia sudah kita siapkan? Apakah tenaga medis yang mengelola fasilitas ini mampu menjaga mobil ini agar tetap awet? Semisal membersihkan dan menjaga peralatan laboratorium di dalam mobil, ataupun keberadaan mobil itu sendiri.

Kita berharap, berbagai fasilitas dan kerja keras pemerintah untuk menghentikan penyebaran virus mematikan ini berhasil. Bila covid-19 berlalu, ekonomi dan geliat kehidupan masyarakat akan kembali normal. **

Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved