Breaking News:

Salam Pos Kupang

Bangga Atas Kekayaan Wisata NTT

ANUGERAH Pesona Indonesia (API) 2020 mulai digelar pertengahan tahun 2020

Bangga Atas Kekayaan Wisata NTT
Dok POS-KUPANG.COM
Logo Pos Kupang

POS-KUPANG.COM - ANUGERAH Pesona Indonesia (API) 2020 mulai digelar pertengahan tahun 2020. Puncak API 2020 akan berlangsung pada pekan ketiga Februari 2021.

Ajang tahunan yang pertama kali digelar pada tahun 2016, itu menyediakan 18 kategori lomba, yaitu destinasi baru terpopuler, destinasi unik terpopuler, cendera mata terpopuler, dataran tinggi terpopuler, destinasi kreatif terpopuler, atraksi budaya terpopuler, wisata air terpopuler, brand pariwisata terpopuler, destinasi belanja terpopuler, ekowisata terpopuler, kampung adat terpopuler, festival pariwisata terpopuler, makanan tradisional terpopuler, minuman tradisional terpopuler, olahraga dan petualangan terpopuler, pariwisata digital terpopuler, situs sejarah terpopuler, surga tersembunyi terpopuler.

15 Pejabat Eselon II Nonjob Tanpa Alasan Jelas: Kami Terima Kami Cinta Damai dan Kami Cinta NTT

Hebatnya, dari 18 kategori yang dilombakan tahun 2020 ini, Provinsi NTT berhasil meloloskan delapan destinasi sebagai nominasi API 2020, yaitu Liang Bua Manggarai untuk kategoris situs sejarah terpopuler, Mulut Seribu Rote Ndao untuk kategori surga tersembunyi, Se'i untuk kategori makanan tradisional terpopuler, Sentra Tenun Ikat Ina Ndao kategori destinasi belanja terpopuler, Island Hoping Pulau Meko Flotim kategori wisata air terpopuler, Fulan Fehan Kabupaten Belu kategori dataran tinggi terpopuler, kampung adat Namata Sabu Raijua kategori kampung tradisional terpopuler dan Pulau Semau Kabupaten Kupang kategori destinasi baru.

Bupati Alor Pejabat Publik Pertama di NTT Terima Vaksin Sinovac untuk Lansia

Pada saat pertama kali digelar pada tahun 2016, Provinsi NTT berhasil meraih juara pertama, mengalahkan Bali dan provinsi-provinsi lainnya yang sudah terkenal dengan destinasi wisatanya. Proses untuk mencapai nominasi dilakukan melalui penilaian obyektif yang melibatkan berbagai stakeholder berkompeten yang pada akhir divote oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Pemerintah dan masyarakat NTT patut bersyukur dan berbangga atas potensi-potensi wisata ini. Maka tidak tepat kalau ada yang mengatakan bahwa NTT itu hanya punya Komodo. Masih terlalu banyak destinasi wisata kita yang belum sempat diangkat dan diperkenalkan ke dunia luar.

Kekayaan destinasi wisata ini juga terjadi karena NTT terdiri dari berbagai pulau dengan kekhasannya alamnya masing-masing, suku, adat-istiadat dan tradisi-tradisi yang dijaga dan diwariskan secara turun temurun dalam suatu harmoni yang indah.

Tugas kita selanjutnya adalah terus menjaga, menata dan mempopulerkan potensi-potensi wisata ini agar semakin dikenal oleh dunia luar.

Kalau dikenal, tentu saja akan memancing rasa penasaran dan rasa ingin tahu dari masyarakat terutama para wisatawan untuk mengunjungi destinasi-destinasi itu. Kehadiran para wisatawan ini tentu saja akan mendatangkan pemasukan bagi para pengelola wisata dan mendatangkan devisa bagi daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota.

Satu kesempatan emas diberikan kepada NTT kali ini adalah menjadi tuan rumah penyelenggaraan Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020 yang akan berlangsung di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat.

Banyak kalangan akan hadir pada kesempatan tersebut, antara lain perwakilan dari seluruh destinasi di Tanah Air yang masuk nominasi API 2020, para pegiat pariwisata, pelaku industri wisata, para Menteri, para kepala daerah dan tentu saja para wisatawan, baik wisatawan nusantara maupun wisata mancanegara.

Ayo, Pemda dan seluruh masyarakat NTT, mari kita bergandengan tangan, kita jadikan puncak penyelenggaraan API 2020 sebagai kesempatan memperkenalkan potensi-potensi wisata kita.

Biar masyarakat dunia dan Indonesia tidak menyepelekan potensi wisata kita;, biar potensi wisata kita juga bisa mendatangkan keuntungan bagi masyarakat NTT sendiri. *

Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved