Breaking News:

Salam Pos Kupang

Waspadai DBD

Musim hujan biasanya dibarengi dengan mewabahnya sakit demam berdarah dengue ( DBD)

Waspadai DBD
Dok POS-KUPANG.COM
Logo Pos Kupang

POS-KUPANG.COM - Saat ini semua perhatian tertuju pada antisipasi penyebaran virus Corona atau Covid-19 yang telah ditetapkan menjadi pandemi. Namun jangan sampai lupa bahwa sekarang ini kita masuk musim hujan. Musim hujan biasanya dibarengi dengan mewabahnya sakit demam berdarah dengue ( DBD).

Penyakit DBD disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes agepty yang menginfeksi manusia. Nyamuk ini hidup dan berkembang biak pada air bersih. Nyamuk Aedes aegypti bersarang dan bertelur di genangan air yang jernih. Di dalam rumah, nyamuk ini banyak ditemukan berkembang biak di tempat penampungan air, misalnya bak mandi, vas bunga, talang air, atau tempat minum hewan peliharaan.

Incinerator Pemprov NTT di Manulai Kupang Mulai Beroperasi Hari Ini

Nyamuk ini juga dapat bersembunyi di sudut rumah yang minim cahaya, seperti kolong tempat tidur atau di balik lemari. Di luar rumah, nyamuk ini bersarang dan berkembang biak di tangkai atau lubang pohon.

Mengantisipasi perkembangan nyamuk Aedes aegypty ini maka yang harus kita lakukan adalah memutus mata rantai perkembangan nyamuk.

Tak Tinggal Diam, Singgung Ujaran Kebencian, Susi Pudjiastuti Langsung Balas Cuitan Twitter Jokowi

Karena itu yang harus kita dilakukan adalah 3M yakni menutup rapat tempat penyimpanan air, menguras tempat penampungan air secara rutin, setidaknya seminggu sekali dan mengubur atau mendaur ulang barang bekas yang dapat menyebabkan air tergenang.

Selain itu, tindakan pencegahan tambahan juga perlu Anda lakukan untuk mencegah penyebaran virus melalui nyamuk ini.

Kebersihan lingkungan harus menjadi perhatian kita semua agar jangan sampai nyamuk ini berkembang dengan pesat.

Kebersihan lingkungan dilakukan dari rumah masing-masing, tingkat RT dan RW hingga tingkat kelurahan dan dilakukan secara serempak sehingga tidak ada kesempatan bagi nyamuk untuk berkembang.

Peranan dari pemerintah ditingkatkan bawah sangat penting untuk mengingatkan warga terkait kebersihan lingkungan.

Kesadaran bersama akan kebersihan lingkungan harus timbul dari setiap rumah tangga atau bukan karena paksaan.

Meski di masa pandemi ini agak sulit untuk gotong royong karena harus menjaga jarak karena itu setiap rumah tangga berusaha untuk menerapkan 3M ini dengan baik.

Jika setiap rumah tangga sudah melakukan antisipasi dengan melakukan 3M maka diharapkan nyamuk ini tidak berkembang. Upaya pemerintah dengan pembagian abate di rumah-rumah juga harus tetap dilakukan.

Selain itu juga setiap rumah bisa menggunakan kelambu terutama di tempat tidur anak karena biasanya anak sangat rentan dengan DBD.

Virus Corona belum berakhir karena itu waspada DBD ini sangat penting jangan sampai kita kaget saat penderita DBD meningkat lalu saling mengalahkan diantara kita Marilah kita bersama, bergandengan tangan gotong royong antisipasi DBD untuk kebaikan bersama. *

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved