Breaking News:

Salam Pos Kupang

Sosialisasikan Vaksin

Besok Vaksin Covid-19 akan tiba di NTT. Tentu saja hal ini menjadi kabar baik bagi masyarakat NTT

Sosialisasikan Vaksin
Dok POS-KUPANG.COM
Logo Pos Kupang

POS-KUPANG.COM - Besok Vaksin Covid-19 akan tiba di NTT. Tentu saja hal ini menjadi kabar baik bagi masyarakat NTT. Karena mereka berharap vaksin ini bisa memberi harapan agar bisa kebal Covid-19.

Meski demikian, tak sedikit masyarakat yang masih sanksi dan ragu akan penting dan manfaat vaksin Covid-19 ini. Alasannya pun bermacam-macam. Memang sesuatu yang baru kerap menimbulkan pro dan kontra.

Semestinya kita bersyukur karena pemerintah telah berupaya mengadakan vaksin Covid-19 untuk masyarakat Indonesia. Bahkan vaksin itu bakal diberikan secara gratis. Walau gratis, tetapi masih tetap menimbulkan pro kontra.

Baca juga: Protokol Keadilan dalam Sengketa Pilkada

Yang pro tentu saja memiliki pikiran bahwa vaksin Covid-19 itu sangat bermanfaat untuk memberikan kekebalan terhadap daya tahan tubuh manusia. Dengan demikian penularan Covid-19 bisa diminimalisir. Sebagaimana vaksin cacar atau vaksin campak yang telah kita dapatkan sejak lahir, maka vaksin Covid-19 pun diharapkan bisa memberikan perlindungan kesehatan kepada manusia.

Sedangkan yang kontra, tentu memiliki bermacam macam pikiran dan pertimbangan masing-masing. Ada yang menolak lantaran ingin memastikan bahwa vaksin itu adalah vaksin 'halal' tak mengandung hal-hal yang 'diharamkan'. Ada lagi yang menolak lantaran belum yakin akan manfaat dari vaksin Covis-19 lantaran belum mengetahui secara pasti manfaat.

Baca juga: Abraham Badu Sesalkan Peserta Pemakaman Pasien Covid-19 tak Kenakan APD Lengkap

Bahkan ada masyarakat yang menolak menerima vaksin Covid-19 karena menduga vaksin itu mungkin malah bisa mendatangkan jenis virus baru dalam tubuh mereka usai divaksin.

Apapun alasan yang diberikan oleh masyarakat yang pro dan kontra terhadap vaksin Covid-19 itu patut dihormati karena setiap orang yang memiliki pendapat yang berbeda itu mestinya dihargai.

Namun terlepas dari semua perbedaan pendapat itu pemerintah mesti memberikan sosialisasi sehingga tak ada kendala di lapangan saat dilakukannya vaksin Covid-19.

Dan hal terbaik yang mestinya dilakukan adalah mensosialisasikan keberadan vaksin Covid-19 itu kepada masyarakat dari pusat hingga daerah bahkan sampai ke kampung-kampung.

Artinya, mesti ada penjelasan ilmiah tentang jenis vaksin Covid-19 yang akan diberikan kepada masyarakat itu. Juga mesti dijelaskan apa saja kandungan zat yang terdapat dalan vaksin Covid-19 yang akan diberikan.

Lebih dari itu, Pemerintah juga mesti memberikan penjelasan akan manfaat dan efek atau dampak dari pemverian vaksin Covid-19 itu. Penjelasan itu bisa disosialisasikan kepada masyarakat melalui media-media online maupun offline.

Dengan demikian setiap masyarakat akan mengetahui dan memahami vaksin Covid-19 yang akan diterima.

Bukankah masyarakat juga punya hak untuk mendapatkan informasi yang jelas tentang berbagai kebijakan pemerintah termasuk soal vaksin Covid-19. (*)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved