Kompaks Minta Jurnalis & Media Massa Kedepankan Pemberitaan Manusiawi & Tak Menyudutkan GA

Kompaks Minta Jurnalis dan Media Massa Kedepankan Pemberitaan yang Manusiawi, Tak Menyudutkan GA

tirbun lampung
ilustrasi 

POSKUPANGWIKI.COM - Kompaks Minta Jurnalis dan Media Massa Kedepankan Pemberitaan yang Manusiawi, Tak Menyudutkan GA

Koalisi Masyarakat Sipil Anti Kekerasan Seksual atau Kompaks melayangkan pernyataan sikap mereka terhadap penanganan kasus video syur GA. 

Kompaks adalah jaringan masyarakat sipil yang terdiri dari 101 platform, kolektif maupun organisasi dengan isu kemanusiaan dan keberagaman, terutama kekerasan seksual.

Surat pernyataan sikap Kompaks diterima poskupangwiki.com dan poskupang.com akhir pekan lalu dari Riska Carolina, Spesialis Advokasi dan Kebijakan Publik, PKBI, Perwakilan Kompaks.

Terkait penanganan kasus video syur GA, Kompaks menuntut 4 hal yang dituangkan dalam surat pernyataan Kampaks. 

Satu dari empat tuntutan Kompaks yakni meminta Jurnalis dan Media Massa, mengedepankan pemberitaan yang manusiawi, tidak mmenyudutkan atau menyalahkan GA.

Dan memberitakan kasus ini dengan perspektif korban, sebagaimana netralitas jurnalisme yang dijunjung tinggi.

Empat tuntutan Kompaks lainnya yakni, dua Aparat Penegak Hukum, Penyidik Kepolisian, untuk fokus kepada penyidikan terhadap pihak pelaku yang menyebarkan video tersebut.

Kepolisian harus dengan segera menghentikan proses hukum terhadap GA dengan mengeluarkan SP3 dan menempatkan GA sebagai korban.

Ketiga, DPR dan Pemerintah untuk segera mengesahkan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual sebagai payung hukum yang berfokus pada pemenuhan hak korban kekerasan seksual seperti GA, dalam bentuk perlindungan dan pemulihan tanpa kriminalisasi.

Keempat, Mendorong masyarakat sipil berperan aktif dengan #GerakBersama menciptakan ruang siber aman dan nyaman, bebas dari kekerasan seksual dengan tidak ikut menyebarluaskan dan menghentikan penyebaran konten intim tanpa izin, melawan narasi yang menyudutkan dan menyalahkan korban, dan ikut andil menciptakan ruang aman untuk korban mendapatkan keadilan dan pemulihan terlepas dari identitas sosial yang dimiliki korban.

Demikian Pernyataan Sikap ini kami sampaikan, sebagai bentuk solidaritas kepada GA dan korban kekerasan seksual lainnya.

Baca juga: Kompaks Geram Terhadap Penanganan Kasus Video Syur GA, Ini Sikap Tegas Kompaks

Baca juga: Kasus Video Syur GA Bikin Kompaks Geram, Ini Aksi yang Dilakukan Kompaks

Baca juga: Kasus Video Syur GA, 4 Tuntutan Kompaks Singgung Penyidik, DPR, Pemerintah, Jurnalis & Masyarakat

Surat pernyataan sikap Kompaks itu diterima poskupangwiki.com dan poskupang.com pada akhir pekan lalu dari Riska Carolina, Spesialis Advokasi dan Kebijakan Publik, PKBI, Perwakilan Kompaks

Lebih lanjut Kompaks menjelaskan,  penyebaran video intim mirip GA yang berdurasi 19 detik sempat ramai, bahkan sempat trending di Twitter pada 7 November.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved