Breaking News:

Opini Pos Kupang

Voting Behavior Pemilih Milenial dalam Pilkada

Dinamika memberi suara dalam Pilkada Serentak yang akan berlangsung pada 9 Desember 2020 merupakan halurgen yang perlu diindahkan

Voting Behavior Pemilih Milenial dalam Pilkada
Dok POS-KUPANG.COM
Logo Pos Kupang

Oleh Wardy Kedy Alumnus Magister Psikologi UGM

POS-KUPANG.COM - Dinamika memberi suara dalam Pilkada Serentak yang akan berlangsung pada 9 Desember 2020 merupakan halurgen yang perlu diindahkan.

Dinamika yang sama juga turut memengaruhi perilaku memilih dari pemilih milenial yang menurut data KPU dan data dari berbagai lembaga survei seperti LIPI dan LSI, menunjukkan bahwa pada pemilu 2019 yang lalu, jumlah pemilih milenial sekitar 40 persen, ditambah lagi dengan pemilih pemula (baru pertama kali memilih) sekitar 15 persen.

Sedangkan, dalam Pilkada 2020 tahun ini, diperkirakan di setiap daerah, jumlah pemilih milenial dan pemilih pemula mencapai sekitar 60 persen, terbanyak dibanding pemilih kategori lain, seperti pemilih perempuan ataupun pemilih dewasa.

Baca juga: Pilkada Sumba Timur - Kapolda Pantau TPS di Kambera

Hal ini menjadikan tingkat partisipasi pemilih pemula dan pemilih muda (generasi milenial) memiliki peranan penting dalam menentukan peta politik Indonesia di masa depan.

Beranjak dari sini, maka kita perlu memahami karakter dan mental kaum milenial yang sangat unik, khas dan berbeda dengan generasi sebelumnya sehingga bisa merebut suara mereka.

Siapa itu Pemilih Milenial?

Pemilih milenial merupakan generasi yang lahir pada kisaran tahun 1980an -2000an. Banyak istilah popular yang digunakan untuk menyebut generasi ini seperti connected/digital generation yang identik dengan karakter berani, inovatif, kreatif, dan modern.

Baca juga: Bawaslu Tertibkan Semua APK Paslon di Ngada

Generasi ini banyak menggunakan teknologi komunikasi instan seperti email, sms dan media sosial seperti facebook, instagram dan twitter.

Dengan kata lain, pemilih milenial adalah generasi yang tumbuh dalam era di mana internet sedang berkembang pesat.Yang termasuk dalam kategori pemilih milenial adalah pemilih pemula dan pemilih muda dengan rentang usia berkisar dari 17 hingga 35 tahun.

Halaman
1234
Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved