Breaking News:

Opini Pos Kupang

Hari AIDS Sedunia : Cahaya Pita Merah di Tanah Sikka

Stigma negatif dan ketakutan masih seringkali dialami sahabat penderita HIV AIDS

Hari AIDS Sedunia : Cahaya Pita Merah di Tanah Sikka
Dok POS-KUPANG.COM
Logo Pos Kupang

Oleh : Andre Mahardhika Harsono, Asisten penelitian INARESPOND di RSUD dr. TC Hillers Maumere

POS-KUPANG.COM - Stigma negatif dan ketakutan masih seringkali dialami sahabat penderita HIV AIDS. Angka kematian dan penularan yang masih terhitung tinggi menimbulkan keprihatinan tersendiri.

Masih banyak yang beranggapan jika penyakit ini tak bisa diobati. Padahal dengan pengobatan teratur seumur hidupnya, pasien HIV AIDS bisa hidup dan memiliki keluarga seperti orang normal lainnya.

Bahkan mereka yang memiliki jumlah virus yang sedikit dalam tubuhnya bisa tidak menularkan ke orang lain. Tidak heran jika badan kesehatan dunia dan seluruh negara memiliki fokus khusus terhadap teman-teman dengan HIV AIDS.

Baca juga: Ada HIV/AIDS Sebelum Corona

Semangat mencegah penularan dan memperbaiki kualitas hidup orang dengan HIV AIDS menjadi tema utama hari AIDS kali ini.

Oleh karena itu, beberapa lembaga penelitian pun kerap dilibatkan untuk membantu kawan-kawan dengan HIV AIDS.

Satu tahun empat bulan teman-teman INARESPOND telah menemani pemilik pita merah di Sikka. Tim peneliti HIV AIDS dari Balitbangkes Kementerian Kesehatan dan RSUD dr. TC Hillers ini bertugas menemani penyandang HIV di Sikka selama tiga tahun.

Baca juga: Pegawai Dukcapil Kota Kupang Tampil Unik Jelang Natal 2020

Penelitian yang bertujuan untuk mendapatkan informasi terbaru kondisi pasien HIV ini juga merupakan buah kerja sama antara pemerintah Indonesia dengan Departemen Kesehatan Amerika.

Melalui kegiatan ini diharapkan diperoleh data riil pasien HIV di lapangan sehingga dapat menjadi pertimbangan dalam pengelolaan HIV AIDS di masa depan.

Di bawah pimpinan dr.Asep Purnama, Sp.PD dan tim peneliti yang kece abis, pemeriksaan laboratorium rutin juga menjadi keuntungan tersendiri bagi peserta penelitian.

Halaman
123
Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved