Breaking News:

Talkshow Pancasila FKUB Provinsi NTT

Nilai-nilai Pancasila dan Trilogi Kerukunan (Bagian 2)

Trilogi kerukunan adalah politik kerukunan yang dicanangkan oleh Menteri Agama, Alamsyah Ratu Perwiranegara (1978-1983)

POS-KUPANG.COM
Dr. Norbertus Jegalus (tengah depan) bersama anggota FKUB Provinsi NTT mengekspresikan Salam Kerukunan usai acara Talkshow di Auditorium Harian Pos Kupang / POS-KUPANG.COM, Selasa (24/11/2020). 

Nilai-nilai Pancasila dan Trilogi Kerukunan (Bagian 2)

Oleh: Dr. Norbertus Jegalus

(Dosen tetap pada Fakultas Filsafat Agama Unika Widya Mandira Kupang) 

Materi yang dipresentasikan dalam acara “Talk Shaw Pancasila”, bersama anggota FKUB Provinsi NTT, utusan komunitas agama, serta tokoh masyarakat, yang diselenggarakan oleh FKUB Provinsi NTT, di Kupang, 24 November 2020.

Mewujudkan Trilogi Kerukunan 

Apa itu Trilogi Kerukunan

Trilogi kerukunan adalah politik kerukunan yang dicanangkan oleh Menteri Agama, Alamsyah Ratu Perwiranegara (1978-1983) yang menyangkut tiga matra kerukunan: antarumat beragama, internal umat beragama, dan umat beragama dengan pemerintah.

Trilogi kerukunan adalah sebuah megaproyek kerukunan yang sangat komprehensif, meskipun dalam pelaksanaannya sejak Orde Baru sampai dengan sekarang, tidak selalu berjalan lancar dan sukses. Akan tetapi, konsep trilogi kerukunan masih sangat relevan dengan kondisi Indonesia saat ini dan karena itu menjadi tugas dan tanggung jawab semua kaum beragama untuk mewujudkanya.

Pertama, kerukunan internal umat beragama adalah kerukunan ke dalam sesama agama, jadi antara penganut satu agama, misalnya: kerukunan sesama umat Islam atau sesama umat Kristen.

Perbedaan penafisran atas doktrin teologi dalam satu agama biasa terjadi dan tak jarang perbedaan pandangan itu melahirkan konflik internal agama itu. Perbedaan itu menjadi konfliktual karena ditambah oleh adanya pelbagai aliran dan mashab serta ormas-ormas keagamaan dan akhirnya terjadi saling klaim kebenaran dan bahkan sampai saling mengkafirkan.

Halaman
1234
Editor: Agustinus Sape
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved