Update Corona Sumba Timur - Belum Ada Pasien Positif yang Sembuh

Sampai saat ini belum ada pasien positif Covid-19 di Kabupaten Sumba Timur yang dinyatakan sembuh

Penulis: Oby Lewanmeru | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/Oby Lewanmeru
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Timur, dr. Chrisnawan Try Haryantana dan Kabid P2P , Jonker Telnoni, S. KM 

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU - Sampai saat ini belum ada pasien positif Covid-19 di Kabupaten Sumba Timur yang dinyatakan sembuh. Jumlah pasien positif yang dirawat di RSUD Umbu Rara Meha Waingapu sebanyak tujuh orang.

Informasi yang diperoleh Jumat (25/9/2020), sejak Kabupaten Sumba Timur kembali memiliki kasus terpapar pada 31 Agustus 2020, sudah ada sembilan kasus positif Covid-19.

sampai saat ini belum ada pasien yang dinyatakan sembuh. Kecuali ada dua kasus meninggal dunia, sehingga total yang masih dirawat sebanyak tujuh orang.

Lindungi Petani NTT dari Perampasan Ruang Hidup

Sesuai data dari Posko Percepatan Pencegahan dan Penanganan Corona Virus Disease ( Covid-19) Kabupaten Sumba Timur menyebutkan, total pasien positif Covid-19 di Kabupaten Sumba Timur hingga saat ini ada 21 orang,12 orang telah sembuh, dua orang meninggal dan tujuh orang dalam perawatan.

Sampel yang dikirim untuk diperiksa dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) di Laboratorium Biomolekuler RSUD Prof. WZ. Johannes Kupang sebanyak 828 sampel.

Freddy Wahon: Website KPU Harus Jadi Media Informasi dan Sosialisasi

Dari jumlah itu, hasil pemeriksaan ada 29 sampel swab yang dinyatakan positif, 709 sampel negatif dan 90 sampel belum ada hasil.

Pelaku perjalanan sampai saat ini berjumlah 15.345 orang. Penambahan pelaku perjalanan pada Rabu (23/9/2020), sebanyak 127 orang.
Kasus suspek 253 kasus dan satu kasus meninggal dunia. Kontak erat sebanyak 449 dan tidak ada Probable.

Untuk diketahui pada Selasa (22/9/2020), ada penambahan kasus positif Covid-19 atau pasien ke-21 positif Covid-19.

Satu kasus ini diduga merupakan kontak erat dengan pasien ke-20 positif Covid-19. Keduanya pernah kontak pada kegiatan Posyandu tanggal 3 September 2020.

Penambahan satu kasus ini menyebabkan Kabupaten Sumba Timur telah memiliki kasus transmisi lokal.

Pasien ini beralamat di Desa Karipi, Kecamatan Matawai La Pawu.

Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumba Timur, dr. Chrisnawan Try Haryantana mengatakan, setelah mengetahui hasil pemeriksaan swab bahwa kasus ke-21 positif Covid-19 berasal dari Karipi, Matawai La Pawu, maka tim tracing langsung melakukan penelusuran.

"Dari hasil tracing kami dapat informasi bahwa pasien ke-21 positif ini sudah kontak dengan kurang lebih 30 orang. Tim juga segera mengambil swab dari kontak-kontak tersebut untuk diperiksa," kata Chrisnawan. (Laporan Reporter POS -KUPANG.COM, Oby Lewanmeru)

Sumber: Pos Kupang
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved