Breaking News:

117 Perizinan Dilimpahkan ke Dinas PMPTSP Kabupaten Belu

Sebanyak 117 jenis perizinan yang selama ini masih dilayani oleh OPD di Kabupaten Belu diserahkan ke Dinas PMPTSP

POS-KUPANG.COM/TENIS JENAHAS
Rakor lintas OPD dalam rangka perubahan Peraturan Bupati Belu tentang Pelimpahan Kewenangan Perizinan dan Non Perizinan kepada Dinas PMPTSP Kabupaten Belu, bertempat di Plaza Perijinan, Kamis (6/8/2020). 

POS-KUPANG.COM | ATAMBUA - Sebanyak 117 jenis perizinan yang selama ini masih dilayani oleh Organisasi Perangkat Daerah ( OPD) di Kabupaten Belu akan segera dialihkan ke Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu ( PMPTSP).

Dalam rangka peralihan proses perizinan ini perlu dibuat payung hukum dalam bentuk Peraturan Bupati yang saat ini dalam proses finalisasi. Untuk menyamakan persepsi serta menyempurnakan regulasi dimaksud, Dinas PMPTSP menggelar rapat koordinasi lintas OPD dalam rangka perubahan Peraturan Bupati Belu tentang Pelimpahan Kewenangan Perizinan dan Non Perizinan kepada Dinas PMPTSP Kabupaten Belu.

Petani Belu Gagal Tanam dan Panen di Musim Tanam Kedua

Rakor yang bertempat di Plaza Perijinan Kabupaten Belu itu dibuka Wakil Bupati, Drs. J.T Ose Luan, Kamis (6/8/2020).

Dalam pemaparan awal, Kepala Dinas PMPTSP Kabupaten Belu, Dra. Maria Kornelia Eda Fahik menjelaskan, sesuai Peraturan Bupati Belu Nomor 24 Tahun 2017 baru 20 jenis perizinan yang dilimpahkan ke PMPTSP. Kemudian diubah lagi dengan Peraturan Bupati Belu Nomor 10 Tahun 2018 menjadi 63 izin.

Tokoh Masyarakat Kewar Minta Bupati Belu Bina Kades Kewar

Setelah keluarnya Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik maka seluruh proses perizinan yakni 117 izin segera dilimpahkan ke Dinas PMPTSP Kabupaten Belu.

Lanjut Eda Fahik, rakor lintas OPD tersebut bertujuan membahas tugas teknis masing-masing OPD setalah
izin dilimpahkan. Paling lambat pekan depan deks perizinan harus diselesaikan sehingga peraturan bupati bisa lebih cepat ditandatangani Bupati Belu.

"Setelah rapat koordinasi hari ini, untuk pelimpahan kewenangannya paling lambat minggu depan desknya sudah harus diselesaikan supaya kita melakukan finalisasi draf Rancangan Peraturan Bupati sehingga dapat ditandatangani oleh Bupati Belu", pinta Eda Fahik.

Wakil Bupati Belu, Drs. J. T. Ose Luan menegaskan, rakor yang diselenggarakan itu untuk menginformasikan bahwa ada 117 jenis perizinan pada OPD-OPD tertentu yang akan dialihkan kepada Dinas PMPTSP Kabupaten Belu.

"Jika Perbup ini sudah terbit maka semua proses perizinan akan dilaksanakan di Dinas PMPTSP. Hal ini harus dialihkan karena tidak boleh ada OPD lain yang mengurus perizinan. Seluruh proses perizinan harus dilakukan melalui satu pintu dan tempatnya hanya di Dinas PMPTSP Kabupaten Belu," tegas Wabup Belu. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Teni Jenahas)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved