Breaking News:

Opini Pos Kupang

Peter Apollonius Rohi dalam Kenangan

Sebelum bersua muka dengannya, saya tidak terlalu mengenal Peter Apollonius Rohi

Peter Apollonius Rohi dalam Kenangan
Dok
Logo Pos Kupang

Oleh : Tony Kleden Wartawan Senior di Kupang

POS-KUPANG.COM - Sebelum bersua muka dengannya, saya tidak terlalu mengenal Peter Apollonius Rohi. Baru setelah dia membantu beberapa bulan di Harian Pos Kupang sekitar 20 tahun lalu, saya mengenalnya dari dekat.

Di kantor, kami memanggilnya dengan Om Peter. Wajar kami panggil Om. Dia wartawan senior. Senior tidak cuma dalam dimensi umur. Tetapi dan terutama dalam urusan dengan jam terbang.

Gayanya khas nian. Rambutnya panjang. Lurus sebagaimana umumnya rambut orang Sabu. Banyak yang putih beruban. Om Peter menguncir rambutnya ke belakang.

Warga Kerap Terobos Lampu Merah

Senyum selalu menghiasi wajahnya. Dia memanggil kami wartawan muda dengan sapaan adik. Penampilannya apa adanya. Tidak pasang muka angker. Tidak juga jaim (jaga imij). Sangat familiar dengan siapa saja. Ekspresi khas seorang wartawan yang setia berbakti pada panggilan nuraninya.

Di ruang Sekretariat Redaksi, Om Peter dapat satu meja kerja lengkap dengan kursi.Komputer di meja kerjanya itu selalu on. Buku-buku referensi, terutama ensiklopedia, dilahapnya.

Pilkada 2020, Cegah Covid-19 Ada Penambahan 94 TPS di Manggarai

Karena sama-sama di satu kantor, interaksi terjadi setiap hari. Kami ngobrol dengan gaya sersan, serius tapi santai. Beragam isu jadi topik.

Dari interaksi dan mendengar langsung dalam obrolan dengannya itu, saya akhirnya kukuh pada penilaian dan kesan sendiri. Peter A Rohi memang wartawan hebat. Bahkan lebih dari sekadar wartawan.

Bagaimana tidak? Pengetahuannya luar biasa banyak. Wawasannya luas. Pemahamannya tentang suatu obyek mendalam sekali. Di kantor ketika itu, saya lebih suka menyebutnya `kamus hidup'.

Kebajikan, kapasitas, kompetensi seperti ini hanya mungkin ada padanya karena kesetiaannya berbakti dan mendermakan diri pada panggilannya sebagai wartawan dalam arti arti kata sesungguhnya.

Halaman
123
Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved