MUI Terbitkan Panduan, Malam Takbiran Bisa Di Rumah Masing- Masing. Ini Penjelasannya

Menyambut hari raya Idul Fitri, Majelis Ulama Indonesia (MUI) menerbitkan Fatwa No. 28 Tahun 2020 Tentang Panduan Kaifiat Takbir dan Shalat Idul Fitri

tribunsolo-tribunnews.com
ilustrasi malam takbiran 

MUI Terbitkan Panduan, Malam Takbiran Bisa Di Rumah Masing- Masing, Ini Penjelasannya

POS-KUPANG.COM - Menyambut Hari Raya Idul Fitri, Majelis Ulama Indonesia atau  MUI menerbitkan Fatwa No. 28 Tahun 2020 Tentang Panduan Kaifiat Takbir dan Shalat Idul Fitri saat pandemi Covid-19 saat ini.

Dalam panduan itu, disebutkan bahwa setiap umat Islam dalam kondisi apa pun, disunahkan untuk menghidupkan malam Idul Fitri dengan takbir, tahmid, dan tahlil.

Waktu pelaksaan takbiran dimulai dari tenggelamnya matahari akhir Ramadhan hingga menjelang dilaksanakannya shalat Idul Fitri.

Soeharto Sampaikan Permintaan Maaf

Terungkap Kekayaan Rocky Gerung, Ini Sumber Uang Hingga Bisa Bangun Rumah Indah di Pinggir Tebing

Raisa: Sumpah, Gua Malu

Membaca takbir tak terbatas di masjid atau mushala, tapi juga disunahkan di rumah, pasar, kendaraan, jalan, rumah sakit, kantor, dan tempat-tempat umum.

Pelaksaan takbir bisa dilakukan secara bersama-sama atau sendiri, baik dengan suara keras maupun pelan.

Dalam situasi pandemi Covid-19 yang belum terkendali, MUI mengimbau agar takbir dilaksanakan di rumah masing-masing.

Takbir juga bisa dilakukan di masjid hanya oleh pengurus takmir, di jalan oleh petugas atau jemaah secara terbatas, dan melalui media televisi, radio, media sosial, dan media digital lainnya.

Umat Islam, pemerintah, dan masyarakat perlu menggemakan takbir, tahmid, dan tahlil saat malam Idul Fitri sebagai tanda syukur sekaligus doa agar wabah segera berakhir.

Sementara itu, Kementerian Agama, Kemenag,  dijadwalkan akan menggelar sidang isbat 1 Syawal 1441 Hijriah pada Jumat (22/5/2020) sore.

Halaman
123
Editor: Frans Krowin
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved