Masjid Tanpa Persiapan Jamaah Salat Id di Rumah

Presiden Joko Widodo melarang pelaksanaan salat Idul Fitri 1441 Hijriah secara berjamaah di masjid atau lapangan

POS-KUPANG.COM/ELLA UZU RASI
Imam Masjid Raya Nurussa'adah, Kupang, Drs. H. Muhammad Djafar 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Presiden Joko Widodo melarang pelaksanaan salat Idul Fitri 1441 Hijriah secara berjamaah di masjid atau lapangan. Jokowi juga melarang mudik. Upaya ini untuk memutus penyebaran virus Corona ( Covid-19). Tokoh agama Islam di NTT mengikuti imbauan pemerintah.

"Kita mematuhi apa yang ditetapkan pemerintah," kata H Muhammad Djafar, Imam Masjid Nurussa'adah Kupang, Selasa (19/5/2020).

Seminggu menjelang Idul Fitri, Masjid Nurussa'adah belum 'dipercantik' alias tanpa persiapan. "Kami tidak ada persiapan di masjid karena sudah ada petunjuk untuk merayakan Idul Fitri di rumah masing-masing," ujarnya.

Kemenag Terbit Buku Panduan

Menurut Djafar, pada saat Idul Fitri akan ada takbir di masjid tapi tanpa kehadiran jamaah. "Hanya mungkin ada takbir saja di masjid lalu shalatnya jamaah di rumah masing-masing."

Ia menjelaskan, ada anak-anak yang tinggal di masjid sehingga pada malam Lebaran nanti mereka yang akan takbir di masjid. "Tidak ada takbir keliling. Dan, mungkin ada juga takbir di rumah masing-masing," katanya.

PWNU Serukan Silaturahmi Tak Langsung

Mengenai imbauan Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk tidak saling mengunjungi, Djafar menjelaskan tidak ada silaturahmi juga setelah beribadah di rumah masing-masing.

"Kita patuhi semua yang telah ditetapkan baik dari pemerintah maupun MUI. Kita patuhi semua," ucapnya.

Djafar mengimbau jamaah mengikuti segala ketentuan dari pemerintah maupun pemimpin agama.

Hal senada disampaikan Imam Masjid Nurul Hidayah Kelapa Lima, Muslimin Rusli.
Muslimin mengatakan, ada imbauan MUI pusat, MUI NTT dan MUI Kota Kupang untuk melaksanakan Salat Id di rumah masing-masing.

"Meski dari segi kebatinan menolak untuk ini, tetapi kita harus bijak untuk melaksanakan salat di rumah," kata Muslimin saat ditemui di kediamannya, Selasa (19/5).

Halaman
1234
Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved