Breaking News:

Di Ende, Hasil Rapid Tes 5 Eks Peserta Klaster Gowa Asal Ende Reaktif yang lain Karantina Terpusat

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Ende, Ignas Gharu, mengatakan, ada 28 eks peserta tabligh akbar klaste

POS-KUPANG.COM/LAUS MARKUS GOTI.
Eks peserta tabligh akbar klaster Gowa asal Kabupaten Ende saat menjalani pemeriksaan di Stadion Marilonga, Sabtu (2/5/2020). 

Di Ende, Hasil Rapid Tes 5 Eks Peserta Klaster Gowa Asal Ende Reaktif yang lain Karantina Terpusat

POS-KUPANG.COM, ENDE -- Hasil rapid tes lima orang eks peserta tabligh akbar klaster Gowa asal Kabupaten Ende dinyatakan reaktif dan langsung dipindahkan dari Stadion Marilonga ke RSUD Ende, Sabtu (2/5/2020) malam.

Orang yang dinyatakan reaktif, meskipun tanpa gejala dan tampak sehat, tetap harus dikarantina dan ditempatkan di ruang isolasi. Sebab, diduga ada virus di dalam tubuhnya.

Sedangkan, untuk yang dinyatakan non-reaktif, tetap harus dikarantina selama 14 hari.

Pantauan POS-KUPANG.COM, lima orang eks peserta jemaah tablig akbar klaster Gowa tersebut diangkut dengan mobil ambulans sekitar pukul 21.00 Wita ke RSUD Ende.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Ende, Ignas Gharu, mengatakan, ada 28 eks peserta tabligh akbar klaster Gowa yang berhasil dikumpulkan di Stadion Marilonga

Namun hingga saat ini Gugus Tugas Covid-19 Ende belum bisa mematikan total keseluruhan jumlah eks peserta tabligh akbar klaster Gowa asal Ende.

"Dari 28 itu yang sudah kita kumpulkan sejak sore tadi, lima orang hasil rapit tes dinyatakan reaktif, sementara yang lain, yakni 23 orang kita karantina terpusat di rumah jabatan Bupati Ende," ungkapnya.

Prediksi Rocky Gerung Ridwan Kamil dan Ganjar Jadi Lawan Anis serta AHY di Pilpres 2024, Sandiaga?

Satu Keluarga Ditemukan Kelaparan di Kebun, Kondisi Lemas dan Tak Punya Uang

Seorang Ibu di Alor Tolak Bantuan Sembako dari Pemerintah, Ternyata Ini Alasannya

Fahri Hamzah Baru Muncul Langsung Kritik Jokowi, Sebut Pengetahuan Presiden Belum Cukup Soal Korupsi

Najwa Shihab Kritik Anggota DPR, Sebut Sakiti Hati Masyarakat karena Ini: Salam Hormat dari Kami

Eks peserta tabligh akbar klaster Gowa itu dicari dan dikumpulkan pasca Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (30/4/2020) mengumumkan ada sembilan pasien positif corona dimana dua orang diantaranya merupakan eks peserta tabligh akbar klaster Gowa dari Labuan Bajo.

Pantauan POS-KUPANG.COM, para peserta tabligh akbar klaster Gowa tersebut saat tiba di Stadion Marilonga sekitar pukul 16.00 Wita, langsung diarahkan petugas untuk mencuci tangan, disemprot antiseptik dan diperiksa suhu tubuhnya. Selanjutnya, mereka menjalani pemeriksaan rapid tes

Eks  penumpang  KM  Lambelu   menjalani  rapid  test kedua  di  lokasi  karantina  terpusat  Gedung  SCC, Kota Maumere,  Pulau  Flores sebelum dipulangkan  ke  rumah menjalani karantina  mandiri.
Eks penumpang KM Lambelu menjalani rapid test kedua di lokasi karantina terpusat Gedung SCC, Kota Maumere, Pulau Flores sebelum dipulangkan ke rumah menjalani karantina mandiri. (POS-KUPANG.COM/EGINIUS MO'A)

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Ende, dr. Muna Fatma kepada POS-KUPANG.COM, mengatakan, pihaknya masih menunggu hasil rapit tes untuk menentukan apa status mereka dan apakah dipulangkan atau manjalani karantina terpusat.

"Status dan langkah apa yang akan diambil selanjutnya, tergantung hasil rapid tes, kita masih menunggu," ungkapnya.

Terkait jumlah eks peserta tabligh akbar klaster Gowa, dr. Muna Fatma mengatakan, ia belum memastikan data keseluruhan. (POS-KUPANG.COM, Laus Markus Goti) 

Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Alfred Dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved