TNI Tingkatkan Kesadaran Siswa-Siswi di Perbatasan untuk Jaga Kesehatan

Personel TNI tingkatkan kesadaran siswa-siswi SMPN Laktutus untuk menjaga kesehatan

POS-KUPANG.COM/TENIS JENAHAS
Personel Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 142/KJ memberikan penyuluhan kesehatan kepada siswa-siswi SMPN Laktutus, Kecamatan Nanaet Duabesi Kabupaten Belu, wilayah perbatasan RI-RDTL. 

Personel TNI tingkatkan kesadaran siswa-siswi SMPN Laktutus untuk menjaga kesehatan

POS-KUPANG.COM | ATAMBUA - Personel TNI dari Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 142/KJ memberikan penyuluhan kesehatan kepada siswa-siswi SMPN Laktutus, Kecamatan Nanaet Duabesi Kabupaten Belu, wilayah perbatasan RI-RDTL.

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran para siswa untuk menjaga kesehatan sejak dini. Kegiatan ini juga sebagai upaya pencegahan berbagai jenis penyakit berbasis lingkungan yang sering terjadi di Kabupaten Belu.

Jalan Menuju Pantai Kalala Masih Beralaskan Tanah, Ini Tanggapan Kadis PUPR Sumba Timur

Personel Pos Laktutus "masuk sekolah" untuk memberikan penyuluhan kepada siswa yang adalah generasi penerus bangsa. Anak usia sekolah harus dijaga kesehatannya agar pertumbuhan dan perkembangan mereka tidak terganggu akibat sakit.

Kegiatan penyuluhan pimpinan Serda Tomok Zepranto Nainggolan bersama empat orang tim kesehatan Pos Laktutus. Mereka memberikan penyuluhan kesehatan kepada 35 siswa-siswi kelas VII SMPN Laktutus, Sabtu (7/3/2020).

Malaka Ternoda

Demikian disampaikan Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 142/KJ, Letkol Inf Ikhsanudin,S.Sos.,M.M kepada Pos Kupang.Com, Rabu (11/3/2020).

Dikatakannya, melihat kondisi iklim saat ini yang sering menyebabkan munculnya berbagai jenis penyakit seperti DBD, maka Satgas memiliki tanggungjawab moral untuk melakukan upaya pencegahan. Satgas melakukan upaya pencegahan dengan membekali masyarakat khususnya siswa dan siswi untuk menjaga pola hidup bersih dan sehat.

Sasaran kegiatan adalah anak sekolah karena mereka adalah generasi penerus bangsa yang bisa menjadi teladan dan menjaga pola hidup bersih, baik di lingkungan sekolah, keluarga maupun lingkungan masyarakat.

"Kesehatan merupakan salah satu faktor penting dalam pertumbuhan masa remaja, kesehatan yang baik akan melahirkan dampak positif, tidak hanya bagi kondisi fisik tetapi akan berpengaruh kepada perkembangan akal dan daya pikir seseorang remaja," ungkap Ikhsanudin.

Lanjutnya, kegiatan ini juga merupakan wujud kepedulian TNI, dalam hal ini Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ terhadap kesehatan para pelajar, yang merupakan generasi penerus Bangsa, khususnya di wilayah perbatasan sebagai garda terdepan Bangsa Indonesia.

Melalui penyuluhan kesehatan diharapkan dapat memberikan ilmu pengetahuan, pandangan dan wawasan kepada para pelajar dalam membentengi diri dari dampak penyakit yang banyak berkembang saat ini.

Dirinya berharap, para pelajar di wilayah perbatasan dapat menjadi agent of change yang akan memberikan perubahan terbaik bagi masyarakat perbatasan, serta mampu tampil di tingkat Nasional bahkan Internasional.

Kepala Sekolah SMPN Laktutus, Joao De Araujo, S.Pd (54) mengucapkan terima kasih atas kegiatan penyuluhan kesehatan untuk anak didiknya.

"Saya selaku Kepala Sekolah mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada rekan-rekan TNI dari Pos Laktutus yang telah memberikan penyuluhan kesehatan kepada anak didik kami," ucap Joao De Araujo. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Teni Jenahas)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved