Pemda Sikka Rekrut 100 TKS dan Perbaiki Tujuh Truk Atasi Sampah di Kota Maumere

Pihak Pemda Sikka merekrut 100 TKS dan perbaiki tujuh truk atasi sampah di Kota Maumere

POS-KUPANG.COM/EGINIUS MO’A
Tumpukan sampah yang belum diangkut di bagian timur Pasar Maumere, Pulau Flores, Rabu (11/3/2020) sore. 

POS-KUPANG.COM | MAUMERE - Pihak Pemda Sikka merekrut 100 TKS dan perbaiki tujuh truk atasi sampah di Kota Maumere. Salah satu  sumber wabah  demam berdarah dengue  ( DBD) di Kabupaten Sikka,  Pulau   Flores,    berasal  dari  kebersihan lingkungan.

Untuk   menanggulangi  sampah  di  Kota   Maumere,   Dinas  Lingkungan Hidup   (DLH)   Sikka merekrut 100 tenaga kerja sukarela (TKS) dan memperbaiki  tujuh  unit kendaraan yang  rusak.

“Pak Bupati minta ada  tambahan  TKS  membantu tangani sampah. Mulai  hari ini, kami rekrut  100 TKS,” kata Sekretaris  Dinas  Lingkungan Hidup  Sikka, Marthen  Luther  Adji, Rabu (11/3/2020) di Maumere.

Pembangunan di Manggarai Barat Harus Ramah Lingkungan

Marthen   menjelaskan, 100 TKS ini  akan dipekerjakan selama sebulan   menerima insentif Rp 700  ribu/bulan  dan  uang  makan Rp 25.000/hari. Setelah selesai  sebulan,  akan  diseleksi  kembali 25-50 orang yang berkinerja baik untuk dijadikan tenaga kontrak selama setahun.

Dikatakan,  tugas 100 TKS membersihkan dan mengangkut sampah pada tiga kecamatan di dalam Kota Maumere  dan dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA).  DLH akan membagi dalam tiga  shift, sehingga setiap hari   ada  aktifitas penanganan sampah.

LSM Burung Indonesia Dorong Pemkab Mabar Lakukan Perencanaan dan Penganggaran Berbasis Ekologi

“Selama ini  DLH punya  93 tenaga kontrak menangani kebersihan. tetapi  belum terlalu maksimal,” kata Marthen.

Ia    mengatakan,  DLH  mengalami kekurangan sarana angkutan   mobil  sampah. Hanya  tiga    unit  kendaraan  yang beroperasi  dan  tujuh  unit rusak  diparkir  di   halaman  kantor.

“Pak Bupati perintahkan segera diperbaiki kendaraan rusak. Saat ini semuanya sudah di bengkel mobil. Kalau 10 unit kendaraan  bisa beroperasi  akan  lebih maksimal,” ujar  Marthen. (laporan wartawan  POS-KUPANG.COM, eginius  mo’a).

Penulis: Eugenius Moa
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved