Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat Hadiri dan Setujui RUU Tentang Bali

Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Provinsi Bali yang diajukan dan dipresentasikan Gubernur Bali, I Wayan Koster.

POS KUPANG/ISTIMEWA
Gubernur Viktor saat menghadiri dan menyetujui RUU Provinsi Bali saat acara Rakor di rumah jabatan Gubernur Bali, Senin (3 /3/2020). 

Gubernur VBL Hadiri dan Setujui RUU Tentang Bali

POS-KUPANG.COM|KUPANG--Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) menghadiri dan menyetujui Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Provinsi Bali yang diajukan dan dipresentasikan Gubernur Bali, I Wayan Koster.

Presentasi ini digelar di rumah jabatan Gubernur Bali di Denpasar Bali, Senin (3/3/2020).

Dalam rilis yang disampaikan Kasubag Pers dan Pengelolaan Pendapat Umum, Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT, Valeri Guru,S.Sos ,Rabu (4/3/2020) mengatakan, Gubernur VBL mendukung UU tersebut.
Rilis ini dikutip dalam pesan whatsApp Kelapa Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT, Dr. Jelamu Ardu Marius, M.Si.

“Silakan teruskan perjuangan ini ke pemerintah pusat dan DPR RI di Jakarta,” tandas Gubernur VBL saat itu mengatakan, ide untuk mengusulkan RUU tentang Provinsi Bali tidak boleh melupakan sejarah pembentukan ketiga provinsi yakni Bali, NTB dan NTT.

“Saya menyetujui dengan catatan RUU tersebut tetap harus memperhatikan sejarah pembentukan ketiga provinsi ini di masa lalu. Tentu untuk menyesuaikan dengan dinamika perkembangan pembangunan yang ada di Bali dibutuhkan Undang-Undang tentang itu dan tentu kami mendukung,” kata Viktor.

Sementara dalam presentasinya Gubernur Bali, I Wayan Koster mengatakan, Provinsi Bali sesuai dengan dinamika pembangunannya ingin memiliki Undang-Undang khusus tentang Provinsi Bali tanpa lagi harus terikat pada Undang-Undang lama yang secara bersamaan mengatur tentang Bali, NTT dan NTB.

I Wayan Koster mengatakan hal itu di depan peserta Rapat Konsultasi Kordinasi sekaligus ramah tamah bersama Gubernur Bali, NTB, NTT, dan DPR RI, DPD RI, Dapil Bali, NTB dan NTT di Denpasar Bali.

Gubernur NTB, Zulkieflimansyah juga berpendapat seperti Gubernur NTT, yabg juga mendukung RUU tersebut.

“Saya dukung namun harus tetap terintegrasi dengan NTT dan NTB; mengingat Bali adalah pusat pariwisata Indonesia dan NTB dan NTT juga merupakan bagian penting dari keseluruhan dinamika pariwisata tersebut,” kata Zulkieflimansyah.

Gubernur Bali, I Wayan Koster menambahkan bahwa RUU tersebut telah dikonsultasikan dengan Komisi 2 DPR RI, Badan Legislasi DPR RI, Mendagri, Menkumham dan sejumlah pihak terkait.

Halaman
12
Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved