Jaring Atlet Piala Kasad, Kodim Kupang Buka Dojo di Naibonat

Membentuk karakter cinta tanah air melalui olahraga beladiri bagi generasi muda, Kodim 1604/Kupang kembali membentuk Dojo di wilayah Naibonat

Jaring Atlet Piala Kasad, Kodim Kupang Buka Dojo di Naibonat
POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Suasana pembukaan dan latihan perdana di Dojo Lemkari Kipan B Yonif 743/Psy Kompi Senapan Naibonat pada Minggu (9/2/2020) 

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Dalam rangka bela negara dan membentuk karakter cinta tanah air melalui olahraga beladiri bagi generasi muda, Kodim 1604/Kupang kembali membentuk Dojo di wilayah Naibonat.

Pembentukan Dojo Lemkari ini juga dilakukan untuk menjaring bibit - bibit muda dari wilayah untuk dapat berprestasi dalam dunia beladiri termasuk untuk ikut ambil bagian dalam kejuaraan Piala Kasad tahun 2020 di Jakarta.

Kuasa Hukum Tersangka Kredit Fiktif Bank NTT Minta Perlindungan ke Jaksa Agung

Pembentukan Dojo Lemkari Kipan B Yonif 743/Psy Kompi Senapan Naibonat ini ditandai dengan peresmian dan latihan perdana pada Minggu (9/2/2020) sore yang disaksikan langsung oleh Danton II Yonif 743 Letda Inf Wahyudin dan Danton III Letda Inf Obeth Talle.

Koordinator Sensei Darmawan Sulaiman dari Kodim 1604 kepada POS-KUPANG.COM mengatakan pembentukan Dojo baru di wilayah Naibonat Kabupaten Kupang dilaksanakan berdasarkan instruksi dari Dandim 1604/Kupang Kolonel Arh I Made Kusuma Graha sebagai pembina.

"Pembukaan Dojo baru ini atas dasar instruksi pak Dandim. Ini dibuka bagi anak para prajurit sekaligus bagi masyarakat sekitar markas," ujar Sensei Dharmawan.

Kasus Pembunuhan Charly Sowo, Polda NTT Datangkan Saksi dari Papua, Peluang Tambah Tersangka

Ia mengatakan, dengan pembukaan Dojo di lokasi tersebut, diharapkan bagi para generasi muda yang terlibat dapat ikut membentuk mental dan cara berpikir mereka.

"Harapannya, mereka bisa memperbaiki cara berpikir dan membentuk mental sebagai generasi muda di daerah," kata pemegang Dan V ini.

Ia menjelaskan, sebagai pembina, Dandim 1604 Kupang berharap Dojo tersebut bisa menjaring atlet untuk bisa berpartisipasi di kejurnas Piala Kasad tahun 2020. Selain itu, Dojo juga dapat menjadi pintu masuk bagi putra putri terbaik yang ingin masuk ke TNI melalui jalur khusus.

"Ya pesan Dandim, selain ini untuk menjaga kesehatan dan kebugaran juga memudahkan supaya bisa masuk TNI melalui jalur prestasi," katanya.

Pembukaan dan latihan perdana diikuti 50 orang peserta dengan pelatih (Sempai) Syahirah Kartikawati S.Pd, GR. Para peserta yang sebagian besar merupakan warga sekitar lokasi markas tampak antusias mengikuti latihan tersebut.

Sebelumnya, pada kesempatan kenaikan kelas di Makodim 1604 Kupang, Ketua Lembaga Karate Do Indonesia (Lemkari) NTT, Dr. Rolen Riumanu mengatakan, Lemkari NTT harus menjadi besar karena Lemkari sendiri merupakan sebuah lembaga yang dapat membentuk generasi muda untuk menjadi generasi unggul di masa depan melalui olahraga bela diri.

Selaku ketua pengurus di tingkat provinsi, ia memberi apresiasi kepada Kodim 1604 Kupang dibawah komando Dandim Kolonel Arh I Made Kusuma Dhyana Graha SIP yang memberi perhatian penuh bagi pengembangan olahraga karate di kota Kupang.

Ia mengatakan, apa yang telah dibuat Dandim Made dengan menyediakan segala fasilitas dojo dan mendukung penuh kegiatan kegiatan Lemkari di Kodim 1604 telah menjadi angin segar bagi perkembangan olahraga karate di Ibukota Provinsi NTT.

"Kami sangat mendukung pengurus kota Kupang untuk bisa lebih bergerak cepat dalam membesarkan Lemkari. Oleh karena itu saya sangat berterima kasih kepada Dandim 1694/Kupang yang memberikan perhatian yang sangat besar kepada Lemkari NTT," titur Riumanu. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong)

Penulis: Ryan Nong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved