Head Line News Hari Ini

Pemkot Kupang Tata Tiga Kawasan Jadi Icon Baru, Butuh Anggaran Rp 104 Miliar, Begini Tanggapan PKL

Ketua Asosiasi Pedagang Ikan dan Kuliner, Angki La Ane mendukung penataan ulang asalkan tidak merugikan PKL

Pemkot Kupang Tata Tiga Kawasan Jadi Icon Baru, Butuh Anggaran Rp 104 Miliar, Begini Tanggapan PKL
POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore dan kawasan pantai yang dipadati PKL di depan Hotel Aston, Kelurahan Kelapa Lima (foto kolase). 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Pemerintah Kota Kupang menata kawasan Pantai Kelapa Lima di depan Hotel Aston, terminal Kupang di Kelurahan Lai Lai Bissi Kopan (LLBK) dan Koridor III Jalan Frans Seda.

Anggaran yang dibutuhkan Rp 104 miliar, bersumber dari Anggaran Pendapat dan Belanja Negara (APBN).

Penataan tiga lokasi yang akan menjadi icon baru Kota Kupang, dilaksanakan dalam tahun 2020 ini. Pemkot Kupang berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya dan Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Provinsi NTT.

Kawasan Terminal Kupang, Kelurahan LLBK Kota Kupang
Kawasan Terminal Kupang, Kelurahan LLBK Kota Kupang (POS-KUPANG.COM/RYAN NONG)

Kepastian pembangunan tiga kawasan disampaikan Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (15/1/2020). Sehari sebelumnya, Jefri mengikuti pertemuan di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, membahas program penataan tiga kawasan tersebut.

Mantan anggota DPR RI ini menyebut anggaran untuk pembangunan mencapai Rp 104 miliar, bersumber dari APBN tahun anggaran 2020.

"Kita bahas soal penataan di lokasi-lokasi itu. Kita bersyukur anggaran untuk penataan tiga lokasi itu besar, mencapai kurang lebih 104 miliar," sebut Jefri.

Jokowi Ubah Total Wajah Labuan Bajo

Jefri mengungkapkan, penataan tiga lokasi diawali dengan sosialisasi kepada elemen masyarakat. Sosialisasi dilaksanakan di Hotel Aston, pada November 2019. Selain masyarakat, turut hadir Kepala BPPW NTT Herman Tobo ST, MSi dan Konsultan Ahli Andy Siswanto MSc, MArch Phd.

Hadir juga Tim Percepatan Pembangunan Kota Kupang, Ketua Asosiasi Pedagang Ikan Angky La'ane, Ketua Karang Taruna Joni Sander Sanda dan Ketua LPM dari Kelurahan Kelapa Lima, Fatululi dan LLBK.

Suami Hilda Manafe ini menjelaskan, penataan pantai Kelapa Lima meliputi pengerjaan jetty pedagang, gazebo, toilet portable, plaza pedestrian, steping plaza dan open theater. Selain itu infrastruktur dan utilitas kawasan parkir dari parking struktur, tepi jalan dan parkir promenade.

Rentetan Aksi Brutal Robby, Serang Sang Ayah dan Adik Hingga Tewaskan Keponakannya

Penataan kawasan Terminal Kupang mencakup jalan pesisir, coastal engine erring-seawall, penataan pantai sebagai structur seafront city.

Halaman
1234
Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Alfons Nedabang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved