Opini Pos Kupang

Jejak Kemanusiaan, Kebijakan Pemda dan Human Trafficking

Mari membaca Opini Pos Kupang berjudul: jejak kemanusiaan, kebijakan pemda dan Human Trafficking

Jejak Kemanusiaan, Kebijakan Pemda dan Human Trafficking
Dok
Logo Pos Kupang

Mari membaca Opini Pos Kupang berjudul: jejak kemanusiaan, kebijakan pemda dan Human Trafficking

Oleh : Yohanes Jimmy Nami, Dosen Ilmu Politik Fisip Undana

POS-KUPANG.COM - Tahun 2019 menjadi tahun yang cukup menggugah rasa kemanusiaan, hampir setiap hari masyarakat NTT disuguhkan pemberitaan mengenai kasus meninggalnya tenaga kerja asal NTT.

Data BP3TKI sepanjang Januari -23 Desember 2019, NTT telah menerima sebanyak 119 jenasah pekerja migran. Kondisi yang sangat tragis ditengah perjuangan masyarakat untuk memperbaiki nasibnya keluar dari belenggu kemiskinan dan yang terjadi malah sebaliknya.

Rizky Febian Bertengkar dengan Ayah Sambungnya Sule Ungkap Fakta Ini Sifat Asli Teddy Terungkap

Berjuang untuk bekerja di luar negeri untuk memperbaiki taraf kesejahteraan, bukannya untung malah buntung.

Masalah perdagangan orang menjadi salah satu masalah klasik yang belum ditemukan formulasi yang tepat dalam penyelesaiannya, dari hari ke hari jumlah kasus perdagangan orang terus meningkat dengan ragam modus seolah menjadi lingkaran setan pada masyarakat NTT.

Realitas Sosial

Data Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) tahun 2019, Provinsi NTT menjadi salah satu dari 8 provinsi yang masuk dalam kategori zona merah perdagangan manusia, selain Jatim, Jateng, Jabar, Banten, Kalbar, Lampung, NTB.

Bupati dan Ketua DPRD Lembata Kunjungi Korban Bencana di Hadakewa

Suatu kondisi yang sangat mencemaskan dan masuk dalam kategori darurat jika ditelaah dari sisi kemanusiaan. Perdagangan orang merupakan bencana kemanusiaan, karena adanya transaksi yang terjadi bukan hanya melibatkan manusia sebagai subyek namun juga obyek transaksi.

Transaksi yang melibatkan mafia karena keuntungan bisnisnya cukup menjanjikan. Realita ini jauh dari logika keadaban dunia yang harusnya menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam segala aspek.

Halaman
123
Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved