PDRB Kabupaten Ende Mencapai Rp 5,72 Triliun

Perekonomian Kabupaten Ende berdasarkan besaran Produk Domestik Regional Bruto ( PDRB) atas dasar harga berlaku tahun 2018 mencapai Rp 5,72 triliun

PDRB Kabupaten Ende Mencapai Rp 5,72 Triliun
POS-KUPANG.COM/ROMUALDUS PIUS
Bupati Ende, Drs Djafar Achmad memberikan keterangan pers. 

POS-KUPANG.COM | ENDE - Perekonomian Kabupaten Ende berdasarkan besaran Produk Domestik Regional Bruto ( PDRB) atas dasar harga berlaku tahun 2018 mencapai Rp 5,72 triliun dan atas dasar harga konstan 2010 mencapai Rp 3,93 triliun.

Kepala BPS Kabupaten Ende, Ir. Paulus Puru Bebe mengatakan hal itu dalam rilis yang didapatkan Pos Kupang di Ende, Jumat (27/1/2019).

Jelang Akhir Tahun Proyek Monumen Pancasila di Ende Belum Selesai, Ini Penjelasan Frans Lewang

Dikatakan ekonomi Kabupaten Ende tahun 2018 tumbuh sebesar 5,01 persen dibandingkan tahun 2017.

Dari sisi PDRB lapangan usaha, pertumbuhan ekonomi tertinggi dicapai oleh lapangan usaha penyediaan Akomodasi dan makan minim sebesar 11,45 persen.

Tidak Disiplin 12 Anggota Polisi Di Polres Ende Disidangkan

Dari sisi PDRB pengeluaran, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh komponen perubahan inventori yang bertumbuh sebesar 33,01 persen.

Dikatakan struktur Ekonomi Ende tahun 2018 masih didominasi oleh lapangan usaha Pertanian, Kehutanan dan Perikanan dengan kontribusi sebesar 27,63 persen (ADHB).

Sedangkan dari sisi PDRB pengeluaran masih didominasi oleh pengeluaran konsumsi rumah tangga, yaitu sebesar 70,65 persen.

Pada tahun 2018, Penadapatan Perkapita (PDRB Perkapita ADHB) Kabupaten Ende sebesar Rp 20, 985 ribu atau hampir mencapai Rp 21 juta pertahun.

Dikatakan pertumbuhan ekonomi peningkatan output perekonomian suatu wilayah untuk menghasilkan barang dan jasa, jika dibandingkan dari satu periode waktu ke periode lainnya, biasanya dalam periode tahunan. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Romualdus Pius)

Penulis: Robert Ropo
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved