Pos Kupang dan Literasi (Catatan HUT ke-27 Pos Kupang)

Pertama-tama, proviciat dan selamat atas ulang tahun ( HUT) harian Pos Kupang (PK) yang ke-27.

Pos Kupang dan Literasi (Catatan HUT ke-27 Pos Kupang)
Dok
Logo Pos Kupang

Oleh: Refael Molina, Peminat Literasi, Kontributor Buku Antologi "Jangan Jual Integritasmu"

POS-KUPANG.COM - Pertama-tama, proviciat dan selamat atas ulang tahun ( HUT) harian Pos Kupang (PK) yang ke-27. Usia yang terbilang sangat ideal bagi ukuran seorang anak manusia. Usia produktif yang mampu mempertahankan eksistensi dan berkontribusi bagi kelangsungan hidupnya dan sesama.

Hemat saya, kehadiran PK telah ikut memberi warna tersendiri dalam dunia media massa, bahkan telah turut mencerahkan masyarakat dengan pemberitaan-pemberitaan yang memihak pada rakyat jelata dan mengawal jalannya pemerintahan di NTT, bahkan Indonesia.

Gempa Bumi 4.9 SR Guncang Barat Daya Kodi Sumba Barat Daya, NTT

Selama 27 tahun berkiprah bagi NTT, PK telah berhasil menyuarakan hak-hak masyarakat kecil, mengawal dan sekaligus memberi kritik kepada pemerintah. Jika dilihat dari rubriknya, ada head line (halaman utama); nasional-internasional, probisnis, public service-opini; selebrita; gadget; hingga rubrik khusus yang memuat berita-berita politik, hukum, pendidikan dan lainnya dari berbagai pulau seperti Flores, Sumba, Sabu, Rote, Timor dan Alor.

Dari semua rubrik yang ada, hemat saya, PK memiliki pemberitaan yang berimbang dengan gaya penulisan yang khas. Kekhasan PK dapat dilihat dari pemilihan diksi yang mudah dimengerti hingga penempatan tanda baca yang tepat.

Tingkatkan Kompetensi Calon Guru, Universitas Muhammadiyah Kupang Gelar Workshop Kurikulum 2013

Terlihat tidak berkepanjangan, dan membuat pembaca tidak bosan untuk melahap semua isi tulisan. PK juga hemat saya memiliki editorial yang bagus; ada saran, kritik maupun dukungan PK terhadap kinerja Pemprov dan Pemkab/Pemkot.

Editor atau redaksi, hemat saya, telah memainkan perannya dalam mencerahkan masyarakat melalui editorial (baca: kolom salam), selain kolom opini yang disediakan bagi masyarakat luas untuk menulis.

Opini dan Literasi

Sejak berdirinya PK pada 1 Desember 1992, Editorial Pos Kupang, Senin 2 Desember 2019 menyebut, PK hadir dengan mengusung peran yang disebut pendirinya, Damyan Godho, sebagai "propagandis." Mempropagandakan atau mengampanyekan agar rakyat NTT melek baca.

Menjadikan baca sebagai budaya untuk meningkatkan sumber daya manusia. Menyoal tentang penulis artikel/opini di media massa di NTT. Berangkat dari peran PK kala itu, maka tidak berlebihan jika hari ini PK harus terus memberikan kesempatan kepada masyarakat NTT untuk menikmati seluruh informasi yang disajikan PK.

Halaman
12
Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved