Tingkatkan Kompetensi Calon Guru, Universitas Muhammadiyah Kupang Gelar Workshop Kurikulum 2013

Tingkatkan Kompetensi Calon Guru, Universitas Muhammadiyah Kupang Gelar Workshop Kurikulum 2013

Tingkatkan Kompetensi Calon Guru, Universitas Muhammadiyah Kupang Gelar Workshop Kurikulum 2013
POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Kegiatan Workshop Kurikulum 2013 (K13) bagi mahasiswa Prodi Pendidikan Sosiologi UMK 

Tingkatkan Kompetensi Calon Guru, Universitas Muhammadiyah Kupang Gelar Workshop Kurikulum 2013

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Lembaga Universitas Muhammadiyah Kupang menggelar workshop kurikulum 2013. Workshop dengan tema "Peningkatan Kompetensi Calon Guru Sosiologi Abad 21" ini diinisiasi oleh Prodi Pendidikan Sosiologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Kupang (UMK).

Workshop kurikulum pembelajaran tersebut dilaksanakan selama lima hari, sejak 28 November hingga 2 Desember 2019.

BPBD Sumba Timur Bantu Air Bersih Bagi Warga Hawurut

Tercatat sebanyak 96 mahasiswa semester 7 Program Studi Pendidikan Sosiologi ikut dalam kegiatan wajib yang berlangsung di Lantai 5 Gedung D Kampus Universitas Muhammadiyah Kupang tersebut.

Ketua Prodi Pendidikan Sosiologi, Arifin, S.Pd., M.Pd. mengatakan, workshop bagi calon guru ini dilaksanakan untuk memperkenalkan sekaligus memantapkan pemahaman dan kemampuan mahasiswa program studi Terkait kurikulum 2013 atau yang lebih dikenal sebagai K13.

DPRD Ngada Beri Apresiasi Atas Pelaksanaan Pesparani Perdana di Ngada

"Kegiatan dengan tema Peningkatan Kompetensi Calon Guru Sosiologi Abad 21 kita buat dalam rangka memberikan nutrisi tambahan terkait dengan pendalaman materi-materi K13 bagi para calon guru," kata Arifin, S.Pd., M.Pd.

Ia menjelaskan, tantangan kedepan bagi calon-calon guru semakin berat karena berhadapan dengan pengaruh era globalisasi abad 21. Momen kegiatan ini, katanya, sebagai bentuk persiapan sekaligus bekal bagi para mahasiswa calon guru yang akan melaksanakan tugas Pendidikan.

"Dengan ini (workshop), maka mereka sudah punya pengalaman terkait dengan kurikulum dan pembelajaran. Mereka tidak asing lagi dengan kurikulum 2013," katanya.

Ia menjelaskan, peserta kegiatan juga merupakan angkatan pertama Program Studi Pendidikan Sosiologi Universitas Muhammadiyah Kupang. Mereka rencananya akan melaksanakan Praktek Lapang (PPL) pada tahun depan.

"Jadi kegiatan ini sekali lagi saya sampaikan bahwa kematangan dan kesiapan yang terus dilakukan secara serius bagi calon-calon guru sosiologi agar mereka betul-betul siap dalam melakukan proses praktek lapangan nanti," tambahnya.

Halaman
12
Penulis: Ryan Nong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved