SMPN 4 Langke Rembong Ujian Semester Berbasis Website

-Siswa SMPN 4 Langke Rembong terus mengikuti perkembangan dan kemajuan teknologi. Yang mana sekolah ini telah melaksanakan ujian semester berbasis web

SMPN 4 Langke Rembong Ujian Semester Berbasis Website
PK/RIS
SMP-Kepala Sekolah SMPN 4 Langke Rembong dan para guru Siswa-siswi SMPN 4 Langke Rembong saat melaksanakan ujian semester berbasis website dengan gunakan HP. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu

POS-KUPANG-COM-RUTENG-Siswa SMPN 4 Langke Rembong terus mengikuti perkembangan dan kemajuan teknologi.

Yang mana sekolah ini telah melaksanakan ujian semester berbasis website.

Para siswa-siswi, menggunakan HP android saat mengerjakan soal ujian.

Pantauan wartawan di SMPN 4 Langke Rembong, Selasa (3/12/2019) pagi, sekolah yang beralamat di Kampung Lao, Kelurahan Wali, Kecamatan Langke Rembong sejak hari pertama untuk ujian berbasis website pada beberapa ruangan ujian, tampak peserta ujian masing-masing memegang HP andriod.

Para siswa serius mengerjakan soal yang tampil dari layar HP.
Setiap ruangan ujian diawasi oleh satu orang guru.

Lihat Ambis Persela Lamongan Ingin Curi Poin di Kandang Persib Bandung, Strategi Maung Bandung Info

Ini Penjelasan Kapolda Metro Jaya dan Pangdam Jaya, Sumber LEDAKAN di Monas dari Granat Asap

Kepala sekolah SMPN 4, Wenseslaus Resman Yan, tampak ikut memantau jalanya ujian berbasis website.

Kepala Sekolah SMPN 4 Langke Rembong, Wenseslaus Yan Resman kepada wartawan didampingi guru teknisi, Isidorus Aprino Tondo di ruang kerjanya, Selasa (3/12/2019) pagi, menjelaskan, ujian online dengan menggunakan HP android sudah pernah dilakukan pada ujian tengah semester (UTS) dan kenaikan kelas.

"Namun untuk ujian semester yang dilaksanakan saat ini berbeda. Di mana berbasis webside saat ini, servernya bukan di sekolah.UTS dan ujian kenaikan sekolah sebelumnya, itu siswa ujian pakai HP dan servernya ada di sekolah. Sekarang berbasis website ini, servernya ada di Jawa. Itu diakses secara global. Artinya, ujian di sekolah ini bisa disaksikan oleh siapa saja. Saat ujian, android yang dipakai siswa itu langsung koneksi dengan server yang pusat," jelas Wenseslaus.

Ia mengungkapkan, ujian sebelumnya dengan menggunakan HP boleh dikatakan masih sistem semi online dan itu tergantung pada jaringan server di sekolah.

"Tapi ujian berbasis website kali ini, jaringan secara global. Disini lanjut dia, pihaknya bekerja sama dengan telkomsel. Jaringanya menggunakan Telkomsel 4G sehingga semua HP milik peserta ujian disesuaikan dengan aplikasi 4G. Jumlah siswa-siswi sebagai peserta dalam ujian semester berbasis webside itu, sebanyak 623. Total peserta dari kelas VII, VIII, dan kelas IX. Ujian juga dilaksanakan sejak 2 hingga 14 Desember 2019. Pelaksanaanya pakai sesi, yakni untuk kelas IX jadwalnya tanggal 2-5 Desember. Kelas VIII, jadwalnya tanggal 6-10 Desember. Sementara kelas VII, jadwalnya tanggal 11-14 Desember," papar Resman.

Untuk jaringan Resman mengaku tidak ada masalah.

"Kami kerjasama dengan Telkomsel. Di mana Telkomsel menyediakan kartu internet termurah. Masing-masing HP peserta kita masukan program untuk ujian ini. Semua siswa juga sudah mahir melaksanakan ujian dengan menggunakan HP. Sehingga tidak ada lagi simulasi. Usai kerja soal ujian, peserta langsung tahu hasilnya" ujar Resman.

Ia mengatakan, tujuan diadakan ujian online agar para siswa dapat menikmati kemajuan teknologi dengan cara yang lebih praktis.(ris)

SMP-Kepala Sekolah SMPN 4 Langke Rembong dan para guru Siswa-siswi SMPN 4 Langke Rembong saat melaksanakan ujian semester berbasis website dengan gunakan HP.
SMP-Kepala Sekolah SMPN 4 Langke Rembong dan para guru Siswa-siswi SMPN 4 Langke Rembong saat melaksanakan ujian semester berbasis website dengan gunakan HP. (PK/RIS)
Penulis: Aris Ninu
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved