Wakil Ketua DPN Peradi Buka Pendidikan Khusus Profesi Advokat 2019 di Kupang

Wakil Ketua DPN Peradi Buka Pendidikan Khusus Profesi Advokat 2019 di Kota Kupang

Wakil Ketua DPN Peradi Buka Pendidikan Khusus Profesi Advokat 2019 di Kupang
POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Calon advokat saat mengikuti PKPA 2019 di Hotel Swiss Belinn Kupang lada Jumat (18/10/2019). 

Wakil Ketua DPN Peradi Buka Pendidikan Khusus Profesi Advokat 2019 di Kota Kupang

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Pendidikan Khusus Profesi Advokat ( PKPA) kerjasama Fakultas Hukum Undana Kupang dan DPN Peradi dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua DPN Peradi H. Shalih Mangara Sitompul, SH, MH. Acara pembukaan berlangsung di Crystal Swiss Bellin Hotel Kupang, Jumat, (18/10/2019).

Hadir di acara pembukaan Korwil Peradi wilayah Nusra dan Bali Lorens Mega Man SH., ketua DPC Peradi kota Kupang Philipus Fernandes SH., Dekan Fakultas Hukum Undana Yorhan Yohanis, SH., MH., pejabat Pengadilan Tinggi Kupang, Pengadilan Negeri Kupang, Pengadilan Agama Kupang, Kejaksaan Negeri Kupang. Tampak pula sejumlah advokat Kota Kupang, para dosen Undana dan para undangan.

Empat Produk Kerajinan Industri Kecil Menengah NTT Ikut Festival CIDAP di Ekuador

Wakil Ketua Umum DPN Peradi H. Shalih Mangara Sitompul, SH, MH dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan PKPA ini sesuai amanat UU No 18 tahun 2013. Ia menjelaskan bahwa advokat merupakan salah satu penegak hukum sesuai pasal 5 UU Advokat.

"Siapapun yang ingin menjadi advokat harus melalui pendidikan profesi advokat atau PKPA ini," katanya.

Sementara itu, dalam laporannya, Ketua Panitia PKPA Husni Kusuma Dinata, SH, MH mengatakan PKPA tahun 2019 diikuti 65 peserta calon advokat dari berbagai daerah di NTT. Materi PKPA digodok sesuai kebutuhan pasar dengan tenaga pengajar yang memiliki kualifikasi sesuai standar-standar yang ditentukan.

Ingat Kasus Pencabulan Siswi SMP di Dalam Mobil, Ini Perkembangan Penyidikan di Kepolisian

"Kegiatan ini akan berlangsung selama 1 bulan di Fakultas Hukum Undana Kupang. Dimana akhir dari PKPA ini, semua peserta akan melakukan tes atau ujian serta praktek kerja lapangan selama 2 tahun sehingga dapat mengangkat sumpah untuk menjadi seorang advokat," katanya.

Persentase pemateri yang disiapkan oleh pihak panitia PKPA adalah sebanyak 60% dari pihak penegak hukum yakni hakim, jaksa, dan sebagainya serta 40% dari pihak akademisi. Untuk mencapai tujuan yang diinginkan, pemateri yang dihadirkan sangat berkualitas serta kompeten di bidangnya.

"Untuk pemateri mempunyai kriteria tersendiri, seperti para advokat yang sudah beracara selama 10 tahun, sedangkan pihak pengajar atau dosen yang memiliki gelar doktor dan sudah mengajar kurang lebih selama 15 tahun," tambah Husni yang juga menjabat ketua LKBH FH Undana Kupang.

Ketua DPC Peradi kota Kupang Philipus Fernandez, SH mengatakan bahwa PKPA ini diikuti peserta dengan kuota terbesar sejak PKPA dilakukan sejak tahun 2015. Philipus menjelaskan PKPA ini juga menjadi PKPA terakhir karena selanjutnya akan diberlakukan di kampus atau Universitas sesuai Permendikti.

Dekan Fakultas Hukum Universitas Nusa Cendana Kupang Yorhan Yohanis, SH, MH dalam sambutan mengatakan ada hal yang harus diperhatikan yakni pengetahuan, sikap dan skill. Selain tiga hal diatas aspek moral dan integritas harus diperhatikan dengan serius. PKPA ini mendidik peserta menjadi profesional, mendidik peserta memiliki skill sebagai advokat. Fakultas hukum Undana mengucapkan terima kasih kepada DPN Peradi yang memberi kepercayaan kepada Fakultas Hukum Undana dalam menyelenggarakan PKPA ini.

Dalam acara pembukaan PKPA dilakukan penyematan tanda peserta kepada perwakilan peserta yang diwakili Timotius Martinus Sely, SH dan Anjela M. Krilayanto, SH, penyematan oleh Wakil Ketua Umum DPN Peradi H. Shalih Mangara Sitompul, SH, MH dan Dekan Fakultas Hukum Undana Kupang Yorhan Yohanis, SH, MH. Juga penyerahan cinderamata tenun adat Timor dari Dekan Fakultas Hukum Undana Kupang kepada Wakil Ketua DPN Peradi H. Shalih Mangara Sitompul, SH, MH. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong)

Penulis: Ryan Nong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved