Opini Pos Kupang

Opini Pos Kupang, 7 Oktober 2019, NTT Terancam ASF, Penyakit Mematikan pada Babi

Penyakit tersebut sebagaimana dilaporkan oleh FAO telah menyebabkan kerugian ekonomi yang sangat besar di beberapa negara di kawasan Asia Tenggara

Opini Pos Kupang, 7 Oktober 2019, NTT Terancam ASF, Penyakit Mematikan pada Babi
ISTIMEWA
Virus Babi Afrika 

NTT Terancam ASF, Penyakit Mematikan pada Babi

Oleh : Dr. drh. Petrus Malo Bulu, MVSc

Doktor Lulusan Murdoch University Perth Australia dan dosen Program Studi Kesehatan Hewan Politeknik Pertanian Negeri Kupang.

DALAM beberapa bulan terakhir ini, terjadi wabah dan pendemic penyakit mematikan pada babi di beberapa negara di kawasan Asian Tenggara yakni Thailand, Vietnam dan Phillipina.

Terakhir didapat kabar bahwa negara tetangga kita Timor Leste telah terkonfirmasi secara laboratorium terinfeksi penyakit mematikan itu.

Berdasarkan press release yang dikeluarkan Kementerian Pertanian dan Perikanan Timor Leste pada tanggal 27 September 2019, telah terjadi kematian pada 400 ekor ternak babi di Dilli, dan 400 ekor babi telah diidentifikasi,

dimana 41 persen dari sampel yang diuji di Australia dikonfirmasi sebagai ASF. Belum diketahui pasti bagaimana penyakit ini bisa masuk ke Timor Leste.

Dampak Kerugian Ekonomi Akibat ASF

Penyakit tersebut sebagaimana dilaporkan oleh FAO telah menyebabkan kerugian ekonomi yang sangat besar di beberapa negara di kawasan Asia Tenggara (Thailand, Vietnam dan Phillipina)

yakni lebih dari 5 juta ekor babi yang harus dimusnakan karena infeksi penyakit tersebut pada populasi ternak babi dengan kerugian ekonomi ditaksir miliaran dolar.

Halaman
1234
Editor: Ferry Jahang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved