VIDEO: Bupati Lembata Panen Bawang di Atas Lahan Tidur

VIDEO: Bupati Lembata Panen Bawang di Atas Lahan Tidur. Lahan yang diolah jadi kebun bawang itu dulunya merupakan lahan tidur.

VIDEO:  Bupati Lembata Panen Bawang di Atas Lahan Tidur

POS-KUPANG.COM, LEWOLEBA -- VIDEO:  Bupati Lembata Panen Bawang di Atas Lahan Tidur

Pemerintah Kabupaten (pemkab) Lembata melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, terus melakukan perluasan lahan untuk budidaya tanaman produktif.

Ekspansi lahan itu merupakan wujud dari program T-Cabang (Tanam Cabai, Bawang dan Jagung)  bagi masyarakat. Tujuannya untuk menambah volume produksi pertanian di daerah itu.

Salah satu hasil dari ekspansi lahan untuk program itu, adalah kerja sama Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan dengan Kelompok Usaha Tani Kuma Leu untuk budidaya bawang merah di atas lahan kering seluas 2 hektare di Desa Waijarang, Kabupaten Lembata.

VIDEO: Selama Pacaran Tergugat Minta Dikirimi Uang. Ini Kata Hakim Arif Mahardika. Lihat Videonya

VIDEO: Data Tak Valid, Ribuan Peserta BPJS Dinonaktifkan

VIDEO: Maia Estianty Berlibur Di Labuan Bajo. Ini Videonya

"Tempat ini dulunya lahan kering tapi sekarang telah menjadi lahan produktif. Itu berarti, selama ini yang tidur itu kita, bukan lahannya. Karena setelah lahan diolah, hasilnya justeru luar biasa.”

Hal tersebut disampaikan Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur seusai melakukan panen bawang di atas bekas lahan tidur, di Desa Waijarang, Kecamatan Nubatukan, Kabupaten Lembata, Jumat (2/8/2019).

Pada tahun 2016 dan 2017, lanjut Bupati Sunur, Lembata sangat bergantung pada bawang dari luar. Makanya pada musim tanam 2018, pemerintah mulai menanam bawang secara mandiri.

Saat ini, kata Sunur, bibit bawang itu dari luar Lembata. Oleh karena itu, Dinas Pertanian Lembata sudah membuat kebun bibit supaya tidak lagi memasok bibit dari luar.

Langkah ini penting sebagai bagian dari peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Lembata. “Untuk musim tanam berikutnya, bibit bawang yang ditanam adalah hasil usaha petani Lembata,” ujarnya.

VIDEO: Ibu Fatmawati Menjahit Bendera Merah Putih Republik Indonesia, Mengharukan

VIDEO: BMKG Cabut Peringatan Dini Tsunami Pasca Gempa Banten 7,4 SR

VIDEO: Setelah Resmikan Pasar, Bupati TTU Sidak Para Pedagang. Lihat Videonya.

Sekarang ini, lanjut dia, petani di desa-desa juga mulai menanam bawang. Tapi diharapkan upayanya lebih serius lagi, sehingga hasilnya lebih optimal.

Beberapa waktu terakhir, lanjut dia, Lembata surplus bawang merah. Banyak juga yang dijual ke Kabupaten Flores Timur dan daerah lainnya baik di NTT maupun di luar NTT.

Untuk itulah, lanjut dia, petani Lembata tak boleh kalah dari alam. Petani harus kreatif sehingga bisa merekayasa lahan tidur menjadi lahan produktif. “Saya ajak petani supaya kita kerja sama-sama meningkatkan kualitas ekonomi kita," ujar Bupati Sunur. (POS-KUPANG.COM, Ricko Wawo)

Nonton Videonya Di Sini:

Penulis: Ricardus Wawo
Editor: Frans Krowin
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved