Berita Kabupaten TTS Terkini

Begini Kiat RSUD SoE untuk Meningkatkan Pelayanan

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Soe memilih cara khusus untuk meningkatkan kepuasan pasien terhadap pelayanan pihak rumah sakit.

POS-KUPANG.COM/Dion Kota
Direktris RSUD Soe, dr. Ria Tahun 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Dion Kota

POS-KUPANG.COM | SOE - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Soe memilih cara khusus untuk meningkatkan kepuasan pasien terhadap pelayanan pihak rumah sakit.

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54, RSUD SoE melaksanakan survei tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan di RSUD Soe.

Survei ini akan dilakukan kepada pasien dan keluarga yang sementara dirawat di RSUD Soe. Mulai dari pasien di ruang IGD, kamar rawat inap hingga Poli akan dilakukan survei. Hal ini dilakukan guna mengetahui kekurang pada setiap tahapan pelayanan di RSUD Soe.

Baca: Fadli Zon Yakin Kader Demokrat Tetap Dukung Prabowo-Sandiaga Uno

Keluhan dari para pasien dan keluarganya selanjutnya akan dijadikan bahan masukan guna perbaikan pelayanan di RSUD Soe sehingga kepuasan masyarakat terhadap pelayanan RSUD Soe akan meningkat.

"Kita akan menggunakan metode wawancara. Dimana, pasien dan keluarganya akan diminta komentarnya terhadap pelayanan di RSUD Soe. Apa yang menjadi keluhan pasien akan dicatat lengkap dan dijadikan bahan evaluasi guna melakukan perbaikan pelayanan," ungkap Direktris RSUD Soe, dr. Ria Tahun di sela-sela kegiatan donor darah di halaman kantor bupati TTS, Senin (12/11/2018) pagi.

Baca: Johanis Mase Minta Pemkab Kupang Tidak Terlantarkan Warga Naibonat

Hasil survei nantinya, lanjut Ria, akan diumumkan secara terbuka pada tanggal 16 November mendatang bertepatan dengan puncak HKN.

Hasil survei ini akan menjadi bahan masukan bagi seluruh staf RSUD Soe guna berbenah diri untuk menunju pelayanan yang maksimal.

"Kita umumkan secara terbuka untuk seluruh staf rumah sakit sehingga menjadi bahan koreksi bersama. Kekurangan dibagian mana, petugas pada bagian tersebut memiliki kewajiban untuk segera membenahi kekurangan yang ada. Intinya kita ingin seluruh masyarakat TTS yang berobat di RSUD Soe bisa dilayani dengan maksimal," ujarnya.

Survei internal tingkat kepuasan terhadap layanan RSUD Soe baru pertama kali diselenggarakan tahun ini.

Sebelumnya, survei seperti ini diselenggarakan oleh Ombusman perwakilan NTT. Tahun 2019 mendatang, direncanakan survei serupa akan diselenggarakan oleh Balitbang TTS guna menjadi bahan masukan untuk meningkatkan pelayanan rumah sakit.

Untuk diketahui dalam rangka memperingati HKN ke-54, RSUD Soe menggelar aneka kegiatan menarik. Mulai dari senam zumba, donor darah, bazar murah, lomba dance cuci tangan dan aneka kegiatan lainnya. Puncak HKN sendiri akan berlangsung pada tanggal 16 November mendatang. (*)

Penulis: Dion Kota
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved