Dedi Suyatno: Tangkap Pembuang Sampah di Sepanjang Jalan Raya Lapale dan Tahan Kendaraannya

Para pelaku berikut kendaraan pengangkut sampah ditangkap dan dibawa ke Kantor Dinas Lingkungan Hidup Sumba Barat.

Dedi Suyatno: Tangkap Pembuang Sampah di Sepanjang Jalan Raya Lapale dan Tahan Kendaraannya
POS-KUPANG.COM/PETRUS PITER
Kadis Lingkungan Hidup Sumba Barat, Dedi Suyatno

Laporan wartawan Pos-Kupang.Com, Petrus Piter

POS-KUPANG.COM, WAIKABUBAK - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Sumba Barat, Dedi Suyatno, meminta bantuan Kepala Desa Lapale dan tokoh masyarakat setempat membantu mengawasi perilaku oknum warga yang membuang sampah sembarangan di sepanjang pinggir jalan raya Lapale.

Hal itu karena ruas jalan tersebut merupakan jalur jalan raya menuju lokasi pariwisata di selatan Sumba Barat, yakni ke Hotel Nihi Watu, mata air terjun Matayangu dan lain-lain.

Baca: Wow! Penyu Hijau Sepanjang 140 Centimeter Terjaring Pukat Nelayan Ilebura

Bila kedapatan maka para pelaku berikut kendaraan pengangkut sampah ditangkap dan dibawa ke Kantor Dinas Lingkungan Hidup Sumba Barat.

Kendaraan pengakut sampah akan ditahan selama tiga bulan sebagai kendaraan operasional membantu mengangkut sampah dalam lingkungan Kota Waikabubak. Setelah itu, kendaraan tersebut dikembalikan kepada pemiliknya.

Baca: Kepsek Ini Keluhkan SD-SMP Lapale Jadi Lokasi Pembuangan Sampah

Dedi Suyatno menyampaikan hal itu di Waikabubak, Jumat (13/4/2018). Menurutnya, hukuman sosial lebih berat membuat warga takut mengulangi perbuatan ketimbang memroses secara hukum positip.

"Coba bayangkan, kalau kedapatan maka mobilnya akan ditahan dinas lingkungan hidup selama tiga bulan sebagai kendaraan operasional pengangkut sampah dalam Kota Waikabubak. Pemilik kendaraan pasti takut membuang sampah sembarangan dipinggir jalan raya Lapale," katanya.

Baca: Ini yang Dilakukan Kepsek SMP Satap Lapale saat Usul Bangun Pagar Sekolah

Padahal lokasi TPA di Lapale, tidak jauh dari jalan raya, hanya sekitar 20 meter. Ini, soal perilaku masyarakat yang belum sadar membuang sampah pada tempat yang telah disediakan. (*)

Penulis: Petrus Piter
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved