WAH! 27.575 Warga Ende Belum Punya KTP Elektronik

wajib KTP di Ende sebanyak 228.727. Yang sudah memiliki KTP Elektronik atau E-KTP sebanyak 201.147 sedangkan yang belum sebanyak 27.575.

WAH! 27.575 Warga Ende Belum Punya KTP Elektronik
POS KUPANG/ROMUALDUS PIUS
Sekretaris Dispenduk Kabupaten Ende, Sahrul Yahya 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Romualdus Pius

POS-KUPANG.COM|ENDE - Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ende hingga Bulan Maret 2018 tercatat ada 27.575 warga masyarakat Kabupaten Ende belum merekam E-KTP atau belum memiliki E-KTP dari wajib KTP di daerah itu sebanyak 228.722.

Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ende, Sharul Yahya mengatakan hal itu ketika dikonfirmasi Pos Kupang, Selasa (17/4/2018) di ruang kerjanya.

Sahrul mengatakan bahwa dari wajib KTP yang ada di Kabupaten Ende sebanyak 228.727 yang sudah memiliki E-KTP sebanyak 201.147 sedangkan yang belum sebanyak 27.575.

Baca: WAH! Kecamatan Macang Pacar Manggarai Barat Terbanyak Belum Cetak KTP Elektronik

Dikatakan dari jumlah yang belum merekam E-KTP tersebut hingga Bulan April terus terjadi pengurangan.

Hal ini lantaran semakin banyak warga di daerah tersebut yang melakukan proses perekaman E-KTP baik di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ende maupun di kecamatan.

“Kalau sesuai data per Bulan Maret 2018 memang jumlahnya sebanyak 27.575 namun demikian, jumlah tersebut terus mengalami pengurangan karena hampir setiap hari terjadi proses perekaman E-KTP baik yang dilakukan langsung di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ende maupun di kecamatan,” kata Sahrul.

Baca: Dua Unit Bus Damri Full AC Bakal Layani Warga Belu Perbatasan RI-RDTL

Sahrul mengatakan bahwa saat ini proses perekaman E-KTP selain di Kantor Dispenduk Kabupaten Ende juga bisa dilakukan di Kecamatan Maurole dan Ende Timur serta Ndona Timur maupun Kota Baru.

Di empat kecamatan tersebut warga bisa melakukan proses perekaman.

Tentang warga yang hendak menggunakan hak pilihnya dalam proses Pilkada baik kabupaten maupun provinsi, Sahrul mengatakan bahwa warga memang diwajibkan memiliki E-KTP namun bagi yang belum memiliki E-KTP bisa menunjukkan surat keterangan (Suket) yang dikeluarkan oleh Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ende.

Oleh karena itu pihaknya menghimbau kepada warga yang belum memiliki E-KTP diminta segera melakukan proses perekaman sehingga bisa mendapatkan Suket sebagai pengganti sementara KTP.

Sahrul mengatakan bahwa dalam beberapa pecan terakhir memang terjadi peningkatan yang siginifikan proses perekaman E-KTP terutama di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ende.

Membludaknya warga di Kantor Dispenduk Kabupaten Ende selain mengurus administrasi lainnya juga untuk mengurus E-KTP. (*)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Fredrikus Royanto Bau
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved