Bupati Sunur Jalin Kerja Sama dengan Walikota Surabaya, Ini yang Mereka Lakukan

Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur, dan Wakil Bupati (Wabup) Lembata, Thomas Ola Langoday, telah menjalin kerja sama dengan Walikota Surabaya

Bupati Sunur Jalin Kerja Sama dengan Walikota Surabaya, Ini yang Mereka Lakukan
POS KUPANG/DOK
Eliaser Yentji Sunur, ST 

Laporan Wartawan Pos-Kupang.Com, Frans Krowin

POS-KUPANG.COM, LEWOLEBA - Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur, bersama Wakil Bupati (Wabup) Lembata, Thomas Ola Langoday, telah menjalin kerja sama dengan Walikota Surabaya, Tri Rismaharini.

Jalinan kerja sama tersebut sudah dirintis sejak tahun 2017 lalu, sehingga saat ini sudah disiapkan naskah untuk penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara pemerintah pada kedua daerah tersebut.

Baca: Bupati Sunur Surati KPK, Apa Isinya?

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadis Kominfo) Kabupaten Lembata, Markus Labi Waleng, melalui Sekretaris Dinas Kominfo Lembata, Karel Burin, ketika dihubungi Pos-Kupan.Com, Minggu (15/4/2018).

Karel menjelaskan, pada Februari 2018 lalu, telah dilangsungkan pertemuan antara KPK dengan unsur pemerintah kabupaten/kota di Kupang. Rapat itu sejalan dengan kerja sama e-Goverment antara Pemerintah Kabupaten Lembata dengan Pemerintah Kota Surabaya.

Baca: Soal Pembangunan BTS, Bupati Sunur Minta Masyarakat Harus Bersyukur, Ini Alasannya

Kerja sama dua daerah di bidang e-Goverment itu, katanya, meliputi e-Musrenbang, e-Planning, e-Budgeting, e-Project, e-Procurement, e-Delivery, e-Controling, e-Performant, e-Simbada, e-Payment dan e-Audit.

Dikatakannya, ketika Pemkab Lembata menjalin kerja sama dengan Pemkot Surabaya dalam penerapan e-Goverment, maka wajib hukumnya instalasi aplikasinya harus dilakukan terlebih dahulu oleh KPK.

Baca: Hendrikus Hilklau Gugat Kapolres Kupang Kota, Ini Alasannya

Ketika ditanya mengapa instalasi aplikasi e-Goverment tersebut dilakukan oleh KPK? Karel menjelaskan, karena seluruh proses penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga pada pelaporan dan evaluasi, selalu dipantau oleh KPK.

Di Indonesia, lanjut dia, model penyelenggaraan pemerintahan tersebut, telah diterapkan Pemkot Surabaya. Karena itu, Pemkot Surabaya kini menjadi model dalam penerapan e-Goverment di Indonesia.

Oleh karena itu, lanjut Karel, Pemkab Lembata ingin melakukan hal serupa seperti yang dilakukan Pemkot Surabaya. Apa yang dilakukan itu, dalam rangka menciptakan pemerintahan Lembata yang bersih demi memajukan masyarakat dan daerah ini. (*)

Penulis: Frans Krowin
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help