Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik Senin 23 Januari 2023, Yesus Vs Beelzebul

Renungan Harian Katolik berikut disiapkan oleh Bruder Pio Hayon SVD dengan judul Yesus Vs Beelzebul.

Editor: Agustinus Sape
Foto Pribadi
RENUNGAN - Bruder Pio Hayon SVD menyampaikan Renungan Harian Katolik untuk hari Senin 23 Januari 2023 dengan judul Yesus Vs Beelzebul. 

POS-KUPANG.COM - Renungan Harian Katolik berikut disiapkan oleh Bruder Pio Hayon SVD dengan judul Yesus Vs Beelzebul.

Bruder Pio Hayon menulis Renungan Harian Katolik ini merujuk bacaan pertama dari Surat kepada Orang Ibrani 9: 15.24-28, dan bacaan Injil Markus 3: 22-30.

Di akhir Renungan Harian Katolik ini disediakan pula teks lengkap bacaan Senin 23 Januari 2023 beserta mazmur tanggapan dan bait pengantar Injil.

Ibu Bapak, saudari/a terkasih dalam Kristus.

Kembali di hari pertama pekan biasa ketiga hari ini, kita dihadapkan dengan bacaan-bacaan suci tentang kekuatan roh jahat di satu sisi dan Yesus di sisi lainnya.

Dalam bacaan pertama, Yesus digambarkan sebagai Pengantara dari perjanjian baru yang dimeteraikanNya di dalam darahNya karena Dia mati untuk menebus banyak dosa dan pelanggaran manusia, baik di masa lampau maupun masa sekarang dan akan datang.

Karena Yesus hanya sekali mati untuk selamanya dan sesudah itu Dia akan menyatakan diriNya sekali lagi untuk menganugerahkan keselamatan bagi semua orang.

Yesus tetap menjadi yang pertama dan buah sulung kebangkitan untuk menebus kita manusia.

Sedangkan dalam bacaan Injil, St. Markus menggambarkan tentang orang yang melihat Yesus dan menyebutnya sebagai “kerasukan Beelzebul” atau “penghulu setan”.

Yesus versus Beelzebul dalam Markus ini menggambarkan tentang dunia kegelapan sedang menguasai umat manusia dan Yesus dan kita sebagai pengikutNya harus menjadi saksi kebenaran dan terang tentang Yesus Kristus, Tuhan kita.

Saudari/a yang terkasih dalam Kristus.

Beelzebul yang diangkat dalam kisah Injil hari ini adalah juga nama lain dari setan. Dan diyakini oleh orang-orang Filistin pada zaman dulu, Beelzebul dianggap sebagai Raja setan.

Dan Yesus yang telah menyembuhkan orang-orang yang kerasukan setan “dianggap” sebagai Beelzebul atau penghulu setan oleh ahli-ahli Taurat yang di Yerusalem.

Mereka kaum Farisi dan Ahl-ahli Taurat ini selalu memberikan perlawanan kepada Yesus dengan menyebarkan kesaksian palsu dan negatif tentang apa yang telah dikerjakan oleh Yesus.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved