Berita Kupang

Gubernur NTT Viktor Laiskodat Kunjungi Wilayah Terdampak Bencana di Kabupaten Kupang

Wakil bupati Jerry Manafe, dan Anggota DPR RI Julie Sutrisno Laiskodat juga serta pejabat Pemprov NTT dan Pemkab Kupanh juga hadir dalam kunker

Editor: Eflin Rote
POS-KUPANG.COM/HO-ISTIMEWA
PANTAU JEMBATAN- Gubernur NTT saat memantau Jembatan Siumate yang meluap dan menerjang puluhan rumah warga Naitae dan Tuakau Fatuleu Barat 28 Desember lalu. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Tapehen

POS-KUPANG.COM, OELAMASI - Gubernur NTT Viktor Laiskodat didampingi Bupati Kupang Korinus Masneno dan Kapolres Kupang AKBP FX Irwan Arianto turun ke lapangan melihat kondisi wilayah terkena bencana di Kabupaten Kupang, Rabu 4 Januari 2023.

Wakil bupati Jerry Manafe, dan Anggota DPR RI Julie Sutrisno Laiskodat juga serta pejabat Pemprov NTT dan Pemkab Kupanh juga hadir dalam kunjungan tersebut.

Kunjungan itu mulai dari Desa Nunkurus dan Desa Oelatimo Kecamatan Kupang Timur, lalu menuju Desa Pariti Kecamatan Sulamu, dan terkahir di Desa Tuakau dan Desa Naitae Kecamatan Fatuleu Barat.

Baca juga: BNPB Ikut Turun Tangan Tanggap Darurat Bencana di Kabupaten Kupang

Di Desa Nunkurus Gubernur dan rombongan diterima 156 Kepala keluarga korban luapan banjir sungai  Batu Merah.

Saat tiba di Desa Oelatimo Gubernur NTT juga memantau langsung kondisi Jembatan Nunpisa yang landasannya patah diterjang banjir tanggal 1  Januari 2023 lalu.

Di Desa Pariti Kecamatan Sulamu ia memantau Sungai Noelbiboko yang pada tanggal 25 Desember 2022 meluap menggenangi rumah warga di Dusun 1 hingga dusun 4. 

Selanjutnya ia menuju Kecamatan Fatuleu Barat  memantau langsung kondisi warga masyarakat desa Tuakau dan Desa Naitae yang saat ini mengungsi di kantor Desa Naitae karena rumah mereka rusak diterjang banjir sungai Siumate pada tanggal 28 Desember 2022 lalu.

Baca juga: Satu Korban Tewas, 115 Warga Mengungsi, 15 Desa Kelurahan Terdampak Bencana di Kabupaten Kupang

Ia juga menyempatkan diri memantau Jembatan Sungai Siumate   yang letaknya tak jauh dari lokasi tersebut. Dalam lawatannya ia membuka ruang dialog dengan warga yang terdampak bencana. 

Gubernur juga menyampaikan  upaya yang akan dilakukan  Pemerintah Propinsi NTT untuk membangun  bendungan guna menampung air dari sungai-sungai  yang ada sehingga pada musim penghujan tidak meluap seperti yang dialami tahun ini.

"Pemerintah Propinsi NTT akan mengupayakan pembangunan bendungan yang dapat menampung air sungai dan nantinya bisa dijadikan sumber pengairan  bagi masyarakat dimusim kemarau," ungkapnya.

Kapolres Kupang mengucapkan terimakasih atas kunjungan yang dilakukan sehingga bisa memantau langsung kondisi masyarakat serta infrastruktur yang rusak akibat bencana banjir diawal tahun 2023.

"Saya mengucapkan terinaksih atas kunjungan yang dilakukan bapak Gubernur NTT, sehingga Pemprov NTT bisa mengetahui langsung kondisi masyarakat Kabupaten Kupang," terangnya.

Baca juga: 15 Desa Kelurahan Terdampak Bencana di Kabupaten Kupang, Ada 2773 Jiwa Terdampak

Sementara Bupati Korinus Masneno di beberapa kesempatan sebelumnya   menekankan agar selalu waspada karena sesuai prediksi BMKG saat ini kondisi curah hujan yang tinggi masih terus berlanjut.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved