Breaking News:

Berita NTT

Sambut Dies Natalis ke-7, Politeknik Kelautan dan Perikanan Kupang Panen Udang dan Donor Darah

Beberapa taruna Politeknik KP Kupang yang ditemui mengatakan, budidaya udang Vaname itu sudah dilakukan sejak beberapa waktu lalu.

Penulis: Oby Lewanmeru | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/OBY LEWANMERU
PANEN - Karuna dan taruni  Politeknik KP Kupang sedang panen udang Vaname di tambak milik Politeknik KP Kupang,  Selasa 29 November 2022 

Laporan Reporter  POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM, KUPANGPoliteknik Kelautan dan Perikanan Kupang memanen udang Vaname kurang lebih dua ton sesuai estimasi. 

Kegiatan panen udang ini dilakukan dalam rangka menyambut Dies Natalis ke-7 Politeknik KP Kupang yang jatuh nanti di tanggal 22 Desember 2022 mendatang

Pantauan POS-KUPANG.COM, Selasa 29 November 2022, sebelum panen para taruna mengurangi air dari tambak agar memudahkan proses panen.

Baca juga: Kapolda NTT : Penerapan Restorative Justice Jamin Kepastian Hukum Bagi Masyarakat

Setelah air di tambak berkurang setinggi lutut orang dewasa, kemudian para taruna masuk ke tambak dan berdiri pada satu garis lurus sambil memegang jaring.

Kemudian secara bersama mereka berjalan menghalau udang ke sisi sebelah. Tiba di sisi sebelah tambak, udang langsung diangkat dengan keranjang ke atas tambak.

Udang itu langsung ditempatkan pada satu wadah bundar berisi air laut dan es beku, sebelum ditimbang untuk dijual.

Udang yang dipanen ini ada yang dibeli warga dan juga ada yang langsung dipesan oleh pengusaha. Harga jual udang ini Rp 100.000 per kg.

Selain panen udang, Politeknik KP Kupang juga melakukan kegiatan sosial berupa donor darah.

Baca juga: BMKG Imbau Waspada Hujan Lebat Disertai Petir di Wilayah NTT 

Direktur Politeknik KP Kupang, Dr. Aris Widagdo, A.Pi, M.Si mengatakan, panen Udang Vaname itu dilakukan dalam rangka Dies Natalis Politeknik KP Kupang tahun 2022.

Menurut Aris, udang yang dipanen merupakan hasil praktek dari taruna taruni Politeknik KP Kupang. Politeknik KP Kupang juga memiliki salah satu program praktikum yang bernama teaching vactory dari jurusan budidaya perikanan.  

"Jadi udang yang dipanen ini merupakan hasil praktek dari taruna dan taruni di sini. Estimasi panen kita hari ini sekitar 2 ton," kata Aris.

Dijelaskan, dalam satu kg itu terdapat sekitar 40 ekor. Secara umum itu biasanya dalam satu kg berisi 50-60 ekor udang. " Karena itu udang Vaname yang kami budidayakan ini kualitasnya sudah terjamin," katanya.

Dikatakan, tujuan panen udang yang dilakukan itu untuk memenuhi gizi masyarakat Kupang dan sekitarnya. Apalagi, lanjutnya, udang yang dipanen adalah udang kualitas ekspor dan masih segar.

Baca juga: Cuaca NTT Hari Ini Selasa 29 November 2022, Tujuh Daerah Berpotensi Hujan Disertai Petir

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved