Berita Kupang

KUB Tunas Muda Kaniti Kembangkan Potensi Anak Putus Sekolah Dengan Beternak

KUB Tunas Muda Kaniti merupakan organisasi yang berbadan resmi yang diresmikan langsung oleh Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe pada 03 Desember 2021

Penulis: Ray Rebon | Editor: Eflin Rote
POS-KUPANG.COM/ISTIMEWA
Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe ditemani ketua dan Sekretaris KUB TMK saat memantau kandang ternak beberapa anggota. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ray Rebon

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Kelompok Usaha Bersama atau KUB Tunas Muda Kaniti yang terletak di Desa Penfui Timur, Kecamatan Kupang, Kabupaten Kupang telah menghasilkan para peternak milenial yang sebagian besar anggota kelompoknya melatarbelakangi pemuda putus sekolah.

KUB Tunas Muda Kaniti yang awal terbentuk dengan semangat persaudaraan ini beranggotakan 5 orang kemudian bertambah menjadi 23 orang dan berkembang hingga saat ini berjumlah 38 orang/anggota.

KUB Tunas Muda Kaniti merupakan organisasi yang berbadan resmi yang diresmikan langsung oleh Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe pada 03 Desember 2021 lalu.

Baca juga: Permata Kupang Lantik 40 Anggota Baru, Daniel Hurek: Urus Organisasi Harus Berkorban

Ketua KUB TMK, Yeftha Y. Sabaat kepada POS-KUPANG.COM, Senin 28 November 2022 menyampaikan kelompok ini dibentuk dengan filosofi membangun pemuda yang mandiri dengan semangat persaudaraan.

"Filosofinya kami bentuk kelompok ini untuk membangun dan membentuk pemuda yang mandiri, tetap dengan semangat persaudaraan," ujarnya

Menurut dosen di Undana Kupang ini walaupun dengan program kerja yang belum dibahas secara menyeluruh, tetapi dalam perencanaan harus ada program kerja pengembangan kapasitas pemuda dalam memberdayakan potensi di desa.

Ia mengisahkan bahwa awal pembentukan kelompok ternak tersebut diinisiasi oleh 5 orang. Kemudian dalam beberapa kali pertemuan bertambah 10 orang selanjutnya rapat perdana untuk pembentukan kelompok yg dituangkan dalam berita acara anggota kelompok berjumlah 23 orang. Kemudian berkembang menjadi 38 orang.

"Hadirnya kelompok ini, semakin memotivasi anak-anak muda dan anggota lainnya yang jiwa muda dengan semangat untuk bekerja serta ingin berkembang untuk bergabung," tuturnya.

Baca juga: FKIPK IAKN Kupang Tanda Tangan PKS dengan Stikom Uyelindo

Ia menyebut kelompok TMK memiliki latar belakang anggota yang bervariasi seperti, tukang ojek, anak-anak pengangguran, pekerja serabutan, mahasiswa hingga wiraswasta yang memiliki semangat dan potensi dibidang peternakan.

Sementara itu, menurutnya  kelompok tersebut di dominasi oleh anak muda yang putus sekolah, sehingga langkah ini yang menjadi alasan kelompok memberdayakan pemuda untuk mempersiapkan masa depan yang jauh lebih baik.

Yeftha menambahkan banyak ternak yang diberdayakan oleh para anggota mulai dari ternak sapi, babi, kapi, ayam dan ternak lainnya.

Lanjut Yeftha, banyak aktivitas maupun program-program yang dibuat untuk menghidupi kelompok tersebut, salah satunya dengan membentuk sebuah kegiatan arisan bagi anggota kelompok.

"Kegiatan arisan ini kami buat untuk menghimpun anak-anak muda atau para anggota untuk berkumpul. Dalam kegiatan arisan pun kami pakai untuk melakukan evaluasi bulanan tentang permasalahan maupun perkembangan usaha ternak dari setiap anggota," katanya

Dia berharap semoga kelompok yang dibentuk dengan semangat persaudaraan itu dapat menjadi wadah untuk membangun rasa percaya diri dan semangat serta melatih para pemuda sejak dini untuk berwirausaha dibidang peternakan.

Baca juga: Danlantamal VII Kupang Pimpin Sertijab di Rote Ndao

Sementara itu, salah satu anggota kelompok, Igo Olbata mengungkapkan jika hadirnya kelompok ternak ini dapat membantunya untuk memiliki sebuah tanggungjawab dan bekal untuk berwirausaha.

Ia mengakui banyak mendapat masukan maupun motivasi setelah bergabung dalam kelompok tersebut.

"Banyak hal yang saya dapat di kelompok ini. Awalnya saya bingung mau kerja apa dengan dasar sebagai orang yang tidak sekolah. Tapi setelah bergabung di kelompok ini saya rasa ada perubahan dan semangat baru untuk memulai dari nol dengan tujuan masa depan yang lebih baik," tukasnya. (*)

Ikuti berita POS-KUPANG.COM di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved